Laporkan Masalah

KOMUNIKASI PEMASARAN BERBASIS EDUKASI MELALUI INSTAGRAM: Studi Kasus Strategi Komunikasi Pemasaran Space Coffee Roastery

Novrilia Permata Sari, Drs. Budi Sayoga, M.Kes

2020 | Skripsi | S1 ILMU KOMUNIKASI

Berbagai perubahan komunikasi pemasaran terjadi pada era new wave marketing yang akhirnya memunculkan berbagai pendekatan komunikasi pemasaran yang baru. Adanya perpindahan kekuatan pada marketing 4.0 membuat beberapa perusahaan menerapkan komunikasi pemasaran horizontal untuk mendapatkan kembali kepercayaan konsumen sekaligus menumbuhkan hubungan komunikasi yang lebih dalam antara perusahaan dan konsumen. Salah satu cara untuk membangun komunikasi horizontal adalah dengan menggunakan pemasaran berbasis edukasi. Space Coffee Roastery adalah salah satu perusahaan di Industri kopi yang memakai pemasaran berbasis edukasi. Perusahaan ini menggunakan Instagram sebagai media komunikasi utama untuk membagikan informasi, pengetahuan, dan nilai. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus yang menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data diambil dengan teknik wawancara dan dokumentasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa Space Coffee Roastery telah berhasil menerapkan strategi pemasaran berbasis edukasi dengan pendekatan komunikasi horizontal. Keberhasilan penerapan tersebut terlihat dari terpenuhinya komponen yang menyusun pesan edukasi dan komunikasi horizontal.

Various changes in marketing communication occurred in the era of new wave marketing which eventually led to new approaches in marketing communication. The power shift in marketing 4.0 has led some companies to apply horizontal marketing communication to regain consumer trust while fostering deeper communication relationships between companies and consumers. One way to build horizontal communication is to use education-based marketing. Space Coffee Roastery is one of the companies in the coffee industry that uses education-based marketing. This company uses Instagram as the main communication media to share information, knowledge and values. This research is a case study research that uses a qualitative approach. Data collection was taken by interview and documentation techniques. The analysis shows that Space Coffee Roastery has successfully implemented an education-based marketing strategy with a horizontal communication approach. This company has been able to meet all the components that make up the education message and horizontal communication.

Kata Kunci : komunikasi permasaran, pemasaran berbasis edukasi, new wave marketing, komunikasi horizontal.

  1. S1-2020-378648-abstract.pdf  
  2. S1-2020-378648-bibliography.pdf  
  3. S1-2020-378648-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2020-378648-title.pdf