Pengembangan Produk Minuman Kopi Nitro Berdasarkan Kenikmatan Konsumen (Pleasurable Need)
AJI WIKANDARU, Dr. Mirwan Ushada, STP, M.App.Life.Sc. dan Dr. Ir. Makhmudun Ainuri, M.Si.
2020 | Skripsi | S1 TEKNOLOGI INDUSTRI PERTANIANKopi nitro merupakan jenis produk kopi inovatif yang masih jarang ditemukan di Yogyakarta. Dari hasil penelitian pendahuluan, konsumen menilai masih terdapat kekurangan dari produk kopi nitro yang dijual dan belum ada perbaikan kualitas kopi nitro dari produsen. Kopi nitro akan semakin bernilai tinggi jika mampu memenuhi kebutuhan konsumen pada kebutuhan tingkat tertinggi yaitu pleasure. Oleh karena itu, perlu dilakukan pengembangan produk menggunakan pendekatan kebutuhan pleasure konsumen untuk menciptakan spesifikasi produk yang sesuai. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menentukan konsep desain kopi nitro yang sesuai dengan kebutuhan pleasure konsumen. (2) Menentukan spesifikasi prototipe kopi nitro dari konsep desain terpilih. Penelitian ini menggunakan metode kansei engineering diawali dengan pengumpulan kebutuhan pleasure konsumen dalam bentuk kansei word. Kemudian kansei word yang terkumpul diseleksi lalu dipasangkan dengan lawan katanya dan disebar kepada responden untuk diuji validitas dan reliabilitas. Hasil pasangan kansei word yang valid dan reliabel disebar lagi menggunakan kuesioner SD 1 untuk dilakukan analisis faktor sehingga terbentuk konsep desain terpilih. Terakhir dilakukan penyebaran kuesioner SD 2 berisi penilaian setiap desain kopi nitro terhadap setiap konsep desain kemudian dilakukan analisis QT1 untuk mengetahui korelasi antara atribut produk dengan konsep desain secara kuantitatif. Penelitian ini menghasilkan 5 konsep desain kopi nitro yang sesuai kebutuhan pleasure konsumen yaitu: konsep "Segar-Tidak Segar", konsep "Ringan-Berat", konsep "Mewah-Sederhana", konsep "Unik-Biasa", dan konsep "Menyenangkan-Membosankan". Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua konsep desain memiliki nilai R lebih besar dari 0,8 sehingga semua konsep desain digunakan dalam penentuan prototipe kopi nitro. Penelitian ini menghasilkan 5 spesifikasi prototipe kopi nitro.
Nitro coffee is an innovative coffee product that is still rarely found in Yogyakarta. From the results of preliminary research, consumers assess that there is still a shortage of nitro coffee products on sale, and there has been no improvement in the quality of nitro coffee from the producer. Nitro coffee will be high value if it can meet consumer needs at the highest level of needs, namely pleasure. Therefore, it is necessary to develop a product using a pleasurable consumer approach to create appropriate product specifications. This study aims to: (1) Determine the design concept of nitro coffee by consumer needs. (2) Determine the specification of the nitro coffee prototype of the selected design concept. This research uses the kansei engineering method, beginning with the collection of consumer pleasure needs in the form of kansei words. Then collected kansei words are selected and then paired with their opposite words and distributed to respondents to be tested for validity and reliability. The results of the pairs of valid and reliable kansei words were distributed again using the SD 1 questionnaire for factor analysis to form the chosen design concept. Finally, the SD 2 questionnaire was distributed, which contained an assessment of each nitro coffee design on each design concept. Next, a QT1 analysis was performed to determine the correlation between product attributes and design concepts quantitatively. This study produces 5 design concepts that suit the consumer pleasure needs, namely: the concept of "Fresh-Not Fresh", the concept of "Light-Weight", the concept of "Simple-Luxury", the concept of "Unique-Ordinary", and the concept of "Fun-Boring". The results showed that all design concepts had an R value greater than 0.8 so that all of them were used in determining the prototype of nitro coffee. This research resulted in 5 specifications of nitro coffee prototypes.
Kata Kunci : Kopi nitro, kansei engineering, prototipe / Nitro coffee, kansei engineering, prototype