THE COMMUNICATION STRATEGY OF THE FRONT OFFICE STAFF OF GQ HOTEL YOGYAKARTA IN SERVING GUESTS
ABDULLAH WIRA A, Cisya Dewantara Nugraha, S.S., M.A.; Yohana Ika Harnita Sari, S.Pd., M.Hum.
2020 | Tugas Akhir | D3 BAHASA INGGRISLaporan akhir ini bertujuan untuk membahas bagaimana strategi komunikasi yang dibentuk front office GQ Hotel Yogyakarta. Berdasarkan observasi dan pengamatan penulis yang dilaksanakan pada tanggal 6 Januari 2020 sampai dengan 29 Februari 2020 bersamaan dengan program magang yang diwajibkan untuk memenuhi syarat kelulusan. Metode penulisan yang digunakan penulis untuk mengerjakan final paper ini yaitu metode qualitative dimana penulis mendeskripsikan kejadian berdasarkan observasi dari penulis sebelumnya. Penulis juga melakukan wawancara yang melibatkan front office manager GQ Hotel Yogyakarta yaitu Tini Suntini, bagian reservasi GQ Hotel Yogyakarta yaitu Indarti Iin, bagian bellboy GQ Hotel Yogyakarta yaitu Dwi Putranto dan bagian reception GQ Hotel Yogyakarta yaitu Alfan Hidayat. GQ Hotel telah menerapkan 4 komponen untuk membentuk strategi komunikasi berdasarkan teori dari Onong Uchjana Effendy dalam bukunya Ilmu Teori Komunikasi dan Praktek. Macam-macam komponen tersebut yaitu strategi komunikator, strategi penentuan khalayak, strategi perancangan pesan, dan strategi dalam pemilihan media. Indikator tersebut sering digunakan oleh front office GQ Hotel Yogyakarta karena strategi komunikasi merupakan bagaimana cara menyampaikan informasi kepada tamu dengan baik agar tamu merasa nyaman dan dilayani. Penulis juga membahas tentang bagaimana front office GQ Hotel Yogyakarta menghandle tamu mulai dari reservasi hingga check-out yang disajikan berupa alur kerja staff front office dimulai dari reservasi kamar yang bisa dilakukan dengan online maupun offline kemudian bagaimana front office staff melayani tamu dari lobby hotel sampai kamar tamu dan pelayanan apa yang dilakukan front office ketika tamu check-out.
This final report aims to discuss how the communication strategy formed the front office of GQ Hotel Yogyakarta. Based on the observations and observations of the authors conducted from January 6, 2020, to February 29, 2020, in conjunction with the internship program that is required to qualify for graduation. The writing method used by the author to work on this final paper is a qualitative method in which the author describes events based on observations from the previous author. The author also conducted an interview involving the front office manager of GQ Hotel Yogyakarta namely Tini Suntini, the reservation section of GQ Hotel Yogyakarta namely Indarti Iin, the bellboy section of GQ Hotel Yogyakarta namely Dwi Putranto, and the reception section of GQ Hotel Yogyakarta namely Alfan Hidayat. GQ Hotel has implemented 4 components to form a communication strategy based on the theory of Onong Uchjana Effendy in his book Ilmu Teori Komunikasi dan Praktek. These components are communicator strategies, audience determination strategies, message design strategies, and strategies in media selection. These indicators are often used by the front office of GQ Hotel Yogyakarta because the communication strategy is how to convey information to guests well so that guests feel comfortable and served. The author also discussed how the front office of GQ Hotel Yogyakarta handled guests ranging from reservations to check-outs presented in the form of front office staff workflows starting from room reservations that can be done online or offline then how the front office staff serves guests from the hotel lobby to guest rooms and what services the front office does when guests check out.
Kata Kunci : Strategi Komunikasi, GQ Hotel Yogyakarta, Front Office