Pengaruh Aktivitas Pemasaran Media Sosial pada Ekuitas Merek dan Respon Konsumen
RICHMOND DHANI SWARA, Dr. Sahid Susilo Nugroho, M.Sc.
2020 | Skripsi | S1 MANAJEMENPenelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh dari aktivitas pemasaran media sosial terhadap ekuitas merek dan respon konsumen. Objek riset dari penelitian ini adalah 5 perusahaan dengan pangsa pasar terbesar di Indonesia dengan responden yang merupakan warga negara Indonesia, lahir pada rentang 1955 sampai dengan 2003, berdomisili di pulau jawa, dan pernah menggunakan, melihat, atau mengikuti akun maskapai pada media sosial. Terdapat 245 responden dalam penelitian ini. Metode yang digunakan untuk mengambil data dalam penelitian ini adalah nonprobability sampling dan purposive sampling. Dalam penelitian ini terdapat dua model regresi sederhana dan juga dua model regresi linear berganda. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa variabel aktivitas pemasaran media sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap masing � masing variabel kesadaran merek dan variabel citra merek. Variabel kesadaran merek memberikan pengaruh yang positif namun tidak signifikan terhadap variabel getok tular daring, namun variabel kesadaran merek memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap variabel komitmen. Terakhir adalah variabel citra merek yang berpengaruh positif dan signifikan terhadap masing � masing variabel getok tular daring dan komitmen.
This study aims to analyze the effect of social media marketing activities on brand equity and consumer response. The research objects of this study are 5 companies with the largest market share in Indonesia with respondents who are Indonesian citizens, born between 1955 and 2003, domiciled on the island of Java, and have used, viewed, or followed airline accounts on social media. There were 245 respondents in this study. The method used to collect data in this study is non-probability sampling and purposive sampling. In this study, there are two simple regression models and two multiple linear regression models. The results of the study indicate that the social media marketing activity variables have a positive and significant effect on brand awareness variables and brand image variables. The brand awareness variable has a positive but insignificant effect on the online word of mouth variable, but the brand awareness variable has a positive and significant effect on the commitment variable. The last is the brand image variable which has a positive and significant effect on each online word of mouth and commitment variables.
Kata Kunci : Aktivitas pemasaran media sosial, kesadaran merek, citra merek, getok tular daring, dan komitmen.