Laporkan Masalah

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI EFEKTIVITAS DAN EFISIENSI E-PROCUREMENT (PENGADAAN BARANG DAN JASA SECARA ELEKTRONIK) DI PT PERKEBUNAN NUSANTARA XII

IAN FAJRI, Prof. Dr. Ir.Masyhuri

2020 | Tesis | Magister Manajemen Agribisnis

PT Perkebunan Nusantara XII (PTPN XII) adalah perusahaan agribisnis di Jawa Timur yang telah menerapkan E-procurement dalam pelaksanaan pengadaan barang dan jasa sejak tahun 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas dan efisiensi E-procurement di PT Perkebunan Nusantara XII. Penelitian ini menggunakan metode analisis Structural Equation Modelling (SEM) Partial Least Square (PLS) dengan tujuh variabel (transparansi, akuntabilitas, akses pasar, persaingan usaha yang sehat, akses informasi realtime, efektivitas, dan efisiensi). Jenis data yang digunakan adalah data primer dengan responden penyedia brang dan jasa yang telah melakukan tender secara e-procurement. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang berpengaruh terhadap efektivitas e-procurement antara lain transparansi, akuntabilitas, akses pasar, dan akses informasi realtime. Sedangkan faktor-faktor yang berpengaruh terhadap efisiensi e-procurement antara lain transparansi, akses pasar, dan persaingan usaha yang sehat. efektivitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap efisiensi E-procurement yang ditunjukkan dengan peningkatan efisiensi atas energi, biaya dan waktu dalam pelaksanaan proses pengadaan.

PT Perkebunan Nusantara XII (PTPN XII) is an agribusiness company in East Java that has implemented E-procurement in the procurement of goods and services since 2016. This study aims to find out the factors that influence the effectiveness and efficiency of E-procurement at PT Perkebunan Nusantara XII. This research uses Structural Equation Modeling (SEM) Partial Least Square (PLS) analysis method with seven variables (transparency, accountability, market access, fair business competition, access to realtime information, effectiveness, and efficiency). The type of data used is primary data with respondent providers of goods and services that have conducted tenders by e-procurement. The results showed that the factors that influence the effectiveness of e-procurement include transparency, accountability, market access, and access to realtime information. While the factors that influence the efficiency of e-procurement include transparency, market access, and fair business competition. Effectiveness has a positive and significant effect on the efficiency of E-procurement as indicated by the increased efficiency of energy, cost and time in implementing the procurement process.

Kata Kunci : transparency, accountability, market access, fair business competition, access to realtime information, effectiveness, efficiency, e-procurement, PT Perkebunan Nusantara XII

  1. S2-2020-407530-Bibliography.pdf  
  2. S2-2020-407530-Tableofcontent.pdf  
  3. S2-2020-407530-Title.pdf