Laporkan Masalah

PENGARUH OBJEK DAYA TARIK WISATA, INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA, TRAVEL AGEN, DAN RESTORAN TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN 2011-2018

AFIFATUL HIKMA, Dra. Nur Aini Yuniyarti, M. Si.

2020 | Tugas Akhir | D3 EKONOMIKA TERAPAN

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Objek Daya Tarik Wisata (ODTW), Indeks Pembangunan Manusia (IPM), Travel Agent. Dan Restoran terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Provinsi DIY pada tahun 2011-2018. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data panel dari tahun 2011-2018 di 5 Kabupaten/Kota DIY, pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian dengan dokumentasi dan studi kepustakaan yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik (BPS) DIY dan BPS Kepariwisataan DIY. Variabel yang digunakan adalah Objek Daya Tarik Wisata (ODTW), Indeks Pembangunan Manusia (IPM), Travel Agent, dan Restoran. Alat analisis yang digunakan adalah Regresi Data Panel menggunakan data cross section dan time series dengan melalui pemilihan model terbaik dan uji asumsi klasik. Model terbaik dari estimasi data panel pada penelitian ini adalah Fixed Effect Model (FEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, variabel Objek Daya Tarik Wisata (ODTW) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi, sedangkan variabel Indeks Pembangunan Manusia (IPM), Travel Agent dan Restoran tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi. Kata Kunci: ODTW, IPM, Travel Agent, Restoran, Regresi Panel

This study aims to determine the effect of Tourist Attraction Object (ODTW), Human Development Index (HDI), number of Travel Agent, and number of Restaurant on economic growth in Special Region of Yogyakarta in 2011-2018. The data used in this study are panel data from 2011-2018 in 5 districts/cities in Special Region of Yogyakarta. The data are collected from documentation and literature studies from the Central Statistics Agency (BPS) and BPS Tourism of Special Region of Yogyakarta. The variables used are number of Tourist Attraction Object (ODTW), Human Development Index (HDI), Travel Agent, and Restaurants. The analytical tool is Panel Data Regression using cross section and time series data by selecting the best model and classical assumption tests. The best model of panel data estimation in this study is the Fixed Effect Model (FEM). The results show that partially, the number of Tourist Attraction Object (ODTW) have significant effect on economic growth, while the number of Human Development Index (HDI), the number of travel agent, and the number of restaurant do not have significant effect on economic growth. Keywords: ODTW, IPM, Travel Agent, Restaurants, Panel Regression

Kata Kunci : ODTW, IPM, Travel Agent, Restoran, Regresi Panel

  1. D3-2020-410770-abstract.pdf  
  2. D3-2020-410770-bibliography.pdf  
  3. D3-2020-410770-tableofcontent.pdf  
  4. D3-2020-410770-title.pdf