Laporkan Masalah

Analisis User Experience Pada E-Learning Model MOOC Menggunakan User-Centered Metrics (Studi Kasus: eLOK)

ROYANUL FITRON, Dr. Sri Suning Kusumawardani, S.T., M.T.; Dr. Ir. Ridi Ferdiana, S.T., M.T., IPM.

2020 | Tesis | MAGISTER TEKNOLOGI INFORMASI

eLOK adalah sistem e-Learning model Massive Open Online Course (MOOC) yang dikembangkan oleh UGM sejak tahun 2017 lalu, bersifat terbuka untuk mitra institusi pendidikan di luar UGM. Berdasarkan analisis awal dengan UEQ, didapatkan hasil dengan nilai rata-rata tiap skala yang tidak mencapai angka 1, dapat dikatakan hasil setiap skala user experience adalah "buruk" dengan skala paling rendah rata-rata -0,56 yaitu novelty dan skala paling tinggi dependability dengan rata-rata 0,47. Hal ini mengindikasikan bahwa eLOK perlu dikembangkan lebih baik lagi berdasar user experience. Jika hal ini tidak segera terselesaikan maka pengguna akan enggan untuk menggunakan MOOC eLOK. Penelitian ini bertujuan mengevaluasi tingkat nilai dan faktor-faktor yang mempengaruhi user experience terhadap pengguna dengan menggunakan user- centered metrics (UCM) yang terdapat pada HEART Framework yang dikembangkan oleh Rodden dengan memfokuskan lima variabel yang lebih kompleks. Terdiri dari happiness, engagement, adoption, retention, dan task success. Data yang digunakan adalah data yang diperoleh dengan menyebar kuesioner kepada mahasiswa aktif yang menggunakan eLOK, dengan sampel yang didapat sebanyak 150 mahasiswa. Dalam kuesioner sendiri terdiri dari 31 pertanyaan yang mewakili 12 metrik pengukur konstruk laten untuk menjawab hipotesis yang diajukan. Sedangkan metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif. Data hasil survey yang telah didapat dideskripsikan, diolah dan dianalisis menggunakan aplikasi SmartPLS 3.2. Berdasarkan hasil dari penelitian ini terhadap data yang diperoleh dari eLOK UGM menunjukkan bahwa tingkat nilai user experience eLOK dipengaruhi oleh variabel happiness dengan nilai kontribusi 0,59, engagement dengan nilai 0,35, retention dengan nilai 0,18, dan nilai statistik diatas 1,65. Sedangkan variabel adoption dan task success sudah mempengaruhi nilai user experience tapi belum banyak kontribusi sehingga peningkatan dari berbagai aspek sangat dibutuhkan, seperti aspek UI, membuat fitur push-notification, membuat user-guidance bagi pengguna baru, dan menyederhanakan navigasi.

eLOK is an e-Learning system model of the Massive Open Online Course (MOOC) developed by UGM since 2017, which is open to partners of educational institutions outside UGM. Based on preliminary analysis with UEQ, the results obtained with an average value of each scale that does not reach 1, can be said the results of each user experience scale is "bad" with the lowest average scale of -0.56 namely novelty and the highest scale of dependability with an average of 0.47. This indicates that eLOK needs to be better developed based on user experience. If this is not resolved immediately, users will be reluctant to use MOOC eLOK. This study aims to evaluate the level of values and factors that influence user experience on users by using user-centered metrics (UCM) contained in the HEART Framework developed by Rodden by focusing on five more complex variables. Consists of happiness, engagement, adoption, retention, and task success. The data used are data obtained by distributing questionnaires to active students who use eLOK, with a sample of 150 students. In the questionnaire itself consists of 31 questions that represent 12 metrics measuring latent construct to answer the proposed hypothesis. While the method used in this research is quantitative descriptive. Survey data that have been obtained are described, processed and analyzed using the SmartPLS 3.2 application. Based on the results of this study of data obtained from the UGM eLOK shows that the level of eLOK user experience is influenced by the happiness variable with a contribution value of 0.59, engagement with a value of 0.35, retention with a value of 0.18, and statistical values above 1.65. While the adoption and task success variables have influenced the value of user experience, but there have not been many contributions, so improvements from various aspects are needed, such as UI aspects, making push-notification features, creating user- guidance for new users, and simplifying navigation.

Kata Kunci : e-Learning, User Experience, MOOC, eLOK, UCM

  1. S2-2020-419866-abstract.pdf  
  2. S2-2020-419866-bibliography.pdf  
  3. S2-2020-419866-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2020-419866-title.pdf