Laporkan Masalah

RENCANA BISNIS JASA PENILAIAN MOBIL BEKAS BERBASIS ONLINE GARUDAOTO

AYU ZURIDA P S S, Boyke Rudy Purnomo, S.E., M.M., PhD., CFP,

2020 | Tesis | MAGISTER MANAJEMEN (KAMPUS JAKARTA)

Mobil merupakan salah satu jenis transportasi yang banyak diminati oleh masyrakat Indonesia. Setiap tahunnya permintaan atas mobil baru terus meningkat di Indonesia. Namun, pada taun 2019 permintaan atas mobil baru menurun yang disebabkan kondisi ekonomi. Kondisi ekonomi telah membuat daya beli konsumen menjadi menurun sehingga kemampuan mereka untuk membeli mobil baru juga ikut menurun. Banyak konsumen lebih memilih untuk membeli mobil bekas di tengah kondisi ini. Namun membeli mobil bekas tentunya memiliki risiko dikarenakan konsumen tidak mengetahui secara pasti kondisi mobil yang disebabkan minimnya pengetahun konsumen. Mereka harus membawa mobil bekas tersebut ke bengkel untuk mengetahui kondisi sebenarnya. Kondisi tersebut menciptakan masalah baru dikarenakan konsumen memiliki waktu yang terbatas di era ini. Oleh karena itu, GarudaOto hadir untuk membantu konsumen mengetahui kondisi mobil bekas yang ingin dibeli. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan bisnis model dari GarudaOto. Dengan menggunakan platform online, GarudaOto memberikan layanan inspeksi mobil yang andal dengan harga wajar. Sebuah survei berbasis peta empati dan wawancara dilakukan untuk mengetahui pandangan konsumen terhadap bisnis ini. Hasil dari kegiatan tersebut menunjukkan bahwa konsumen merasa tertarik dan terbantu oleh keberadaan GarudaOto. Berdasar hasil survei, perusahaan memberi nilai lebih kepada konsumen dengan memberikan laporan online hasil inspeksi mobil bekas beserta estimasi harga mobil tersebut dalam kurun waktu beberapa jam. Selain itu, layanan ini dilengkapi dengan perlindungan asuransi dan costumer service untuk memaksimalkan kepuasan pelanggan. Dari hasil analisa kelayakan finansial dan non-finansial menunjukkan bahwa GarudaOto layak untuk dijalankan.

Car is one type of transportation that is much in demand by Indonesian people. Every year the demand for new cars continues to increase in Indonesia. However, in 2019 the demand for new cars is decreased due to economic conditions. The economic conditions have decreased the buying power of consumers, so that their ability to buy a new car has declined. Many consumers prefer to purchase a used car rather than buy new cars in this condition. However, buying uses cars have risk since consumers do not know the real condition of the used car that they want to buy. They must bring the used car to the workshop to know the actual condition of the used car. This condition creates another problem since many consumers do not have enough time in this era. Therefore, GarudaOto attends to help the consumer to know the actual condition of the used car that they want to buy. This study aims to develop a business model for GarudaOto. Using an online platform GarudaOto provides a reliable car inspection services with a fair price. A survey-based on an empathy map and interview already conduct to know the consumer paradigm for this business. The results show that consumers feel attracted and helped by the GarudaOto business. Based on the costumer survey, the company giving the value to costumer by providing online report of used-car condition and the price estimation within few hours. In addition, costumer also equipped with insurance protection and customer service in order to maximize the costumer value. Finally, the financial and non-financial feasibility analysis also shows that GarudaOto is feasible to run.

Kata Kunci : mobil, mobil bekas, kondisi mobil, inspeksi, taksiran harga, laporan online, model bisnis, rencana bisnis, peta empati

  1. S2-2020-417394-abstract.pdf  
  2. S2-2020-417394-bibliography.pdf  
  3. S2-2020-417394-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2020-417394-title.pdf