Laporkan Masalah

PERAN GRIT TERHADAP TINGKAT STRES PADA CALON PESERTA UJIAN MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI TAHUN 2020

EUNIKE THERESA LUDJI, Ammik Kisriyani, S.Psi., M.A.

2020 | Skripsi | S1 PSIKOLOGI

Persaingan yang ketat di antara calon peserta Ujian Masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) tampaknya menjadi salah satu sumber stres yang cukup besar bagi para pendaftar. Kondisi stres tersebut dapat dipengaruhi oleh beberapa aspek psikologis, salah satunya grit. Penelitian ini bertujuan untuk menguji peran grit terhadap tingkat stres pada siswa-siswi yang hendak mengikuti UTBK SBMPTN Tahun 2020. Responden dalam penelitian ini adalah siswa yang mengikuti program bimbingan belajar di beberapa lembaga di Yogyakarta (N=367), guna mempersiapkan diri mengikuti UTBK SBMPTN Tahun 2020. Setelah melakukan uji statistik regresi linear sederhana, didapati bahwa grit berperan negatif terhadap tingkat stres responden sebesar 26.2%. Hasil tersebut selaras dengan hipotesis yang diajukan peneliti.

The highly competitive State University Admission Test apparently plays a major role in inducing significant stress level among participating students. The previous researches found that there was one of psychological aspect which is believed affect the stress level that one experiences, called Grit. This research aims to measure the impact of grit on the stress level experienced by high school students in their preparation for the 2020 State University Admission Test. The respondents are students enrolled in after school tutoring programs held by various non-formal educational institutions in Yogyakarta (N=367). By using simple linear regression, the research revealed that grit negatively contributes 26.2% to stress. This result is in line with the author������¢���¯���¿���½���¯���¿���½s hypothesis.

Kata Kunci : UTBK, Perguruan Tinggi Negeri, stres, grit, ujian/ University Admission Test, State University, stress, grit, exam

  1. S1-2020-383635-abstract.pdf  
  2. S1-2020-383635-bibliography.pdf  
  3. S1-2020-383635-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2020-383635-title.pdf