ANALISIS SWOT PAKET WISATA "BOROBUDUR SUNRISE" DAN "BOROBUDUR SUNSET" DI UNIT "MANOHARA CENTER OF BOROBUDUR STUDY"
EARLENE SANTOSO, Cerry Surya Pradana, S.S., M.Sc.
2020 | Tugas Akhir | D3 PARIWISATAPaket wisata, "Borobudur Sunrise" dan "Borobudur Sunset" dipasarkan hingga ke pasar global. Namun, potensi dari kedua paket tersebut masih dapat diinovasi menjadi paket wisata yang baik. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui definisi paket, kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman menggunakan analisis SWOT yang ada di dalam "Borobudur Sunrise" dan "Borobudur Sunset". Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan mereduksi, menganalisis, dan menyimpulkan hasil data penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara (in-depth interview), dan analisis dokumen. Data primer yang digunakan dalam penelitian ini adalah hasil dari observasi dan wawancara (in dept interview), sedangkan data sekunder yang didapatkan diambil dari dokumentasi, data pengunjung, dan Buku Pintar Manohara. Hasil dari penelitian ini adalah diketahuinya baik dan buruknya potensi dari kedua paket wisata tersebut. Diharapkan hasil dari penelitian dapat membantu perusahaan guna mengembangkan perusahaan dan produk.
"Borobudur Sunrise" and "Borobudur Sunset" was globally distributed in the tourism marketplace. Nonetheless, in aim to make a good quality tour package, an innovation of its potential resource has to be done. The purpose of this research is to find out both of package definition, strength, weakness, opportunity, and threat using SWOT analysis. This research method was a descriptive qualitative study which contains reduction, analysis, and concludes data results. Data collection methods has been used was an observation, in-depth interview, and document analysis. The primary data have been used in this research were the result of observation and in- depth interview, whereas the secondary data were available photos, visitor recapitulation, and "Buku Pintar Manohara". The result of this research are discovery of good potency and bad potency of both tour packages. The result is expected to help developing company and product.
Kata Kunci : Borobudur Sunrise, Borobudur Sunrise, analisis SWOT, Candi Borobudur, SWOT analysis, Borobudur Temple