ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA RUMAH PEMOTONGAN AYAM (RPA) UD.RATNA SITIMULYO, BANTUL
FIRDAUS EFENDI, Dr. Ir. Didik Purwadi, M.Ec.; Dr. Henry Yuliando, STP., MM., M.Agr.
2020 | Skripsi | S1 TEKNOLOGI INDUSTRI PERTANIANRPA UD.Ratna merupakan salah satu pemasok kebutuhan produk daging ayam broiler di Yogyakarta. RPA UD.Ratna memiliki peluang untuk melakukan pengembangan usaha berdasarkan peningkatan jumlah produksi dan konsumsi daging ayam broiler di Yogyakarta. Dalam melakukan pengembangan usaha, RPA UD.Ratna mengalami hambatan dari beberapa aspek lingkungan perusahaan antara lain; manajemen, pemasaran, administrasi dan keuangan, produksi, dan persaingan dengan kompetitor. Oleh karena itu, perlunya analisis strategi pengembangan usaha rumah pemotongan ayam (RPA) UD.Ratna dengan tujuan untuk mengidentifikasi faktor internal dan eksternal RPA UD.Ratna, menentukan posisi gambaran strategi RPA UD.Ratna, dan menentukan prioritas utama dari usulan alternatif strategi yang didapatkan. Dalam melakukan analisis strategi pengembangan RPA UD.Ratna kali ini menggunakan analisis lingkungan perusahaan dengan Matriks Internal Factor Evaluation (IFE) dan Matriks Eksternal Factor Evaluation (EFE). Kemudian menggunakan analisis Matris Internal-Eksternal (IE) dan analisis Matriks Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats (SWOT). Terkahir, dilakukan pegambilan keputusan menggunakan analisis Quantitative Strategy Planning Matrix (QSPM). Berdasarkan hasil analisis lingkungan perusahaan diperoleh skor matriks IFE sebesar 2,686 bahwa secara internal RPA UD.Ratna adalah kuat dan skor dari matriks EFE asalah 2,936 sehingga respon RPA UD.Ratna sangat baik dalam memanfaatkan peluang dan mampu meminimalisir ancaman yang dihadapi. Oleh karena itu, posisi gambaran strategi RPA UD.Ratna terdapat pada sel V atau hold and montain yaitu strategi intensif. Prioritas utama dari usulan alternatif strategi yang didapatkan adalah penempatan RPA UD.Ratna di kantor baru yang sudah dibangun dengan meningkatkan kemampuan manajerial melalui evaluasi, melakukan penataan struktur organisasi dan administrasi pengelolaan keuangan dengan nilai TAS sebesar 6,89 .
RPA UD.Ratna is one of broiler chicken meats product suppliers in Yogyakarta. RPA UD.Ratna has the potential to develop its business based on production and consumption increase of broiler chicken meat in Yogyakarta. In conducting the business development, RPA UD.Ratna had obstacles from several aspects in the company, such as; management, marketing, administration and finance, production, and competitors. Therefore, it is necessary to analyze business development strategy for UD. Ratna chicken slaughterhouse (RPA) which to aim for identifying the internal and external factors in RPA UD. Ratna, determining the position of RPA UD. Ratna strategy, and determining main priorities from proposed stategy alternatives. In analyzing the development strategy of RPA UD. Ratna, this study used company environment analysis which using Internal Factors Evaluation (IFE) matrix and External Factors Evaluation (EFE) matrix. Then using Internal-External (IE) Matrix analysis and Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats (SWOT) Matrix analysis. Lastly using Quantitative Strategy Planing Matrix (QSPM) analysis to made the decisions. Based on the company environment analysis results, IFE matrix has the score of 2,686 shows that RPA UD. Ratna are strong internaly and from EFE matrix which has the score of 2,936 shows that RPA UD. Ratna are very good in responsing to exploiting the opportunities and able to minimize the threats. Therefore, the position of RPA UD. Ratna strategy is found in cell V or hold and maintain, which is intensive strategy. The main priorities from proposed stategy alternatives are placement of RPA UD. Ratna in the new office and increasing managerial capacity through evaluation, Organizational and financial administration resturcture with TAS value of 6,89.
Kata Kunci : Kata Kunci: RPA UD.Ratna, IFE, EFE, IE, SWOT, QSPM.