Laporkan Masalah

EFEKTIVITAS SOCIAL MEDIA MARKETING MELALUI INSTAGRAM DAGI ABHINAYA BOROBUDUR

WIKU PURWONO, Cerry Surya Pradana, S.S., M.Sc.

2020 | Tugas Akhir | D3 PARIWISATA

Social media adalah sarana bagi individu maupun kelompok untuk saling berinteraksi. Banyak perusahaan yang memiliki brand menggunakan social media untuk berinteraksi dengan calon pembelinya. Dagi Abhinaya merupakan proyek pisnis milik PT. Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko (persero) di bawah unit Manohara Borobudur yang bergerak di bidang penginapan dan restoran. Dagi Abhinaya menggunakan Instagram sebagai salah satu media pemasaran. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui efektivitas dalam penggunaan Instagram @dagiabhinaya dalam menerapkan social media marketing. Penelitian dilakukan dengan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi partisipatif, wawancara, dan studi pustaka. Hasil dari penelitian ini melalui tiga tahap analisis yaitu media analysis, conversation analysis, dan network analysis adalah, pemanfaatan Instagram @dagiabhinaya belum efektif karena jangkauan yang dimiliki oleh akun tersebut masih sangat kecil.

Social media is a platform for each people or group to get interactions with each other. Many companies that have brand use social media to get interactions with their prospective buyers. Dagi Abhinaya is a brand owned by PT. Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (Persero) under Manohara unit which is engaged villa and restaurant. Dagi Abhinaya uses Instagram as one of marketing media. This research was conducted to determine the effectiveness of using Instagram @dagiabhinaya in Social Media Marketing applications. This research using qualitative methods with data collections techniques through participatory observation, interviews, adng literature studies. The research through 3 Layers of social media analysis namely media analysis conversation analysis, and network analysis are the use of Instagram @dagiabhinaya is not effective yet because the reach of this account is very small.

Kata Kunci : Efektivitas, Instagram, Social Media Marketing, Dagi Abhinaya, PT. TWC

  1. D3-2020-416459-abstract.pdf  
  2. D3-2020-416459-bibliography.pdf  
  3. D3-2020-416459-tableofcontent.pdf  
  4. D3-2020-416459-title.pdf