Wacana Percakapan Pengguna dan Pengemudi Ojek Online dalam Akun Instagram @newdramaojol.id
IFA ZANIROH, Drs. Ariyanto, M.Hum.
2020 | Skripsi | S1 BAHASA DAN SASTRA INDONESIAPenelitian ini berjudul Wacana Percakapan Pengguna dan Pengemudi Ojek Online dalam Akun Instagram @Newdramaojol.id. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan struktur percakapan P2-ojol pada akun instagram @newdramaojol.id; (2) mendeskripsikan bentuk-bentuk pematuhan prinsip kerja sama dan kesopanan dalam percakapan P2-ojol pada akun instagram @newdramaojol.id; dan (3) mendeskripsikan bentuk-bentuk pelanggaran prinsip kerja sama dan kesopanan dalam percakapan P2-ojol pada akun instagram @newdramaojol.id. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini terdiri dari tiga tahap, yaitu tahap pengumpulan data, analisis data, dan penyajian data. Pengumpulan data menggunakan metode simak dengan teknik tangkap layar. Metode yang digunakan dalam analisis data adalah metode padan pragmatis. Selanjutnya, data disajikan dengan metode informal. Hasil penelitian menunjukkan beberapa hal. Pertama, struktur percakapan P2-ojol pada akun instagram @newdramaojol.id terdiri atas tiga bagian, yaitu pembuka, isi, dan penutup. Bagian pembuka terdiri atas sapaan, konfirmasi pemesanan, perkenalan dan pertanyaan. Bagian isi terdiri atas informasi pemesanan, informasi alasan pembatalan, informasi lokasi, informasi pribadi, tujuan pemesanan, tujuan pemesanan di luar konteks, candaan, dan keluhan. Bagian penutup terdiri atas pemberitahuan, kesepakatan, dan ucapan terima kasih. Kedua, penerapan prinsip kerja sama dan kesopanan meliputi semua maksim. Ketiga, pelanggaran prinsip kerja sama dan kesopanan juga meliputi semua maksim. Pelanggaran terhadap prinsip kerja sama dan kesopanan lebih banyak dilakukan daripada penerapannya.
This research is titled Online Transportation Customer and Driver's Conversation Discourse in The @Newdramaojol.id Account. The purpose of the study is (1) to describe structure of a P2-ojol conversation on the instagram account @newdramaojol.id; (2) describe the forms of compliance with the cooperative principle and politeness principle in P2-ojol conversation on the instagram account @newdramaojol.id; and (3) describe the forms of violations of the cooperative principle and politeness principle in P2-ojol conversation on the instagram account @newdramaojol.id. This research uses qualitative descriptive methods. The research consists of three phases: data collection, data analysis, and data presentation. Data collection using observation method with screen capture technique. The method used in data analysis are unified pragmatic method. Furthermore, data is presented by informal method. The results showed several things. First, the structure of conversation in P2-ojol on Instagram account @newdramaojol.id consists of three parts, namely opening, filling, and closing. The opener consists of greeting, booking confirmation, introductions and questions. The content section consists of booking information, cancellation reason information, location information, personal information, booking destinations, out-of-context booking destinations, candor and complaints. The cover consists of notices, agreements, and thanks. Secondly, the application of the cooperative principle and politeness principle encompasses all maxim. Thirdly, violations of the cooperative principle and politeness principle also include all maxim. Violations of the cooperative principle and politeness principle are carried out more than its application.
Kata Kunci : percakapan, ojek online, instagram, prinsip kerja sama, prinsip kesopanan