Proses Manajemen Event yang Dijalankan oleh Divisi Event Management di Yogyakarta Marriott Hotel
CORNELLA AMORYTA M, Muhamad Sidiq Wicaksono,S.E.,MSc
2020 | Tugas Akhir | D3 PARIWISATAPeningkatan jumlah wisatawan Indonesia sebesar 1,88 persen pada tahun 2019 membuat beberapa industri pariwisata meningkat. Wisata MICE menjadi salah satu jenis wisata yang mengalami peningkatan jumlahnya. Hal ini membuat Yogyakarta Marriott Hotel sebagai salah satu hotel yang berfokus dalam pelayanan wisata MICE berusaha menjaga kualitas, baik dalam pelayanan, dan fasilitas produk MICE yang dijual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses berjalannya sebuah event di Yogyakarta Marriott Hotel serta untuk mengetahui kendala apa saja selama proses terselenggaranya event. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif partisipatoris. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik wawancara tidak terstruktur, observasi partisipatoris, dan dokumentasi pada masa praktek kerja lapangan. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat baik secara teoritis maupun praktis kepada Yogyakarta Marriott Hotel maupun kepada pembaca. Sebuah hotel tentunya memiliki produk untuk dijual, Yogyakarta Marriott Hotel memiliki produk wisata MICE. Produk tersebut dijual oleh tim Sales & Marketing Department. Setelah itu, divisi event management memiliki tugas untuk menangani event sesuai dengan prosedur yang telah ditentukan oleh hotel. Penanganan yang dilakukan oleh divisi Event Management mulai dari sebelum event, saat event, hingga setelah event berlangsung. Dalam proses penanganan event, divisi event management menghadapi beberapa kendala dalam prosesnya.
The increase in the number of Indonesian tourists amounted to 1.88 percent in 2019 made several tourism industries increased. MICE Tourism became one of the types of tourism that has increased in number. This makes Yogyakarta Marriott Hotel as one of the hotels focused on MICE Tour services to maintain quality, both in service and facilities for MICE products that are sold. This research aims to determine how the process of running an event at the Yogyakarta Marriott Hotel and to know any constraints during the event process. The method used in this research is a kind of qualitative participatory research. The data collection techniques used in this study using unstructured interview techniques, participatory observation, and documentations during field work practices. This research is expected to provide benefits both theoretically and practically to the Yogyakarta Marriott Hotel and to the reader. A hotel of course has products for sale, Yogyakarta Marriott Hotel has a MICE tour product. The product is sold by the Sales & Marketing Department. After that, the Event Management Division has the task to handle the event in accordance with the procedures set by the hotel. The handling is done by the Event Management division from before the event, when the event, until after the event took place. In the event handling process, the event management division faces several obstacles in the process.
Kata Kunci : event, event manajemen, MICE, Yogyakarta Marriott Hotel