Laporkan Masalah

PROSES RESERVASI TIKET MASUK PENGUNJUNG ROMBONGAN DI SEMUA ZONA TAMAN PINTAR YOGYAKARTA

YUNI NUR HIDAYATI, Elisa Dwi Rohani, S.E., M.Sc

2020 | Tugas Akhir | D3 PARIWISATA

Taman Pintar Yogyakarta merupakan tempat wisata yang terletak di Kota Yogyakarta dan lokasinya sangat strategis. Demi mempermudah pengunjung rombongan, Taman Pintar Yogyakarta memiliki prosedur sebelum datang ke Taman Pintar Yogyakarta dengan cara reservasi terlebih dahulu. Oleh karena itu, tugas akhir ini membahas mengenai fungsi reservasi pengunjung rombongan, proses reservasi tiket masuk pengunjung rombongan, dan juga pengoperasian keterlambatan kedatangan pengunjung. Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana sistem reservasi tiket wisatawan rombongan yang di kelola di Taman Pintar Yogyakarta, juga dapat meminimalisasikan terjadinya keterlambatan waktu tutup pengoperasian saat reservasi tiket wisatawan rombongan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan menggunakan analisa data deskriptif. Penelitian menggunakan pengumpulan data dengan cara observasi, dokumentasi, wawancara, dan juga studi pustaka. Penelitian juga menggunakan jenis data primer dan data sekunder. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses reservasi untuk pengunjung rombongan harus dilakukan karena sangat penting dalam penyediaan tempat. Pengoperasian reservasi juga dilakukan melalui dua indikator yaitu manajemen waktu dan keterlambatan pengunjung rombongan dengan mengkonfirmasi petugas informasi. Hasil dari penelitian dapat menunjukkan para wisatawan rombongan melakukan pemesanan pada saat jauh hari sebelum melakukan kunjungan berwisata. Penelitian juga berfungsi sebagai media bagian promosi pada saat wisatawan rombongan mengunjungi bagian Informasi Taman Pintar Yogyakarta untuk melakukan reservasi.

Taman Pintar Yogyakarta is a tourist attraction located in the city of Yogyakarta it is very strategically located. The sake of making it easier for group visitors, Taman Pintar Yogyakarta has procedures before coming to Taman Pintar Yogyakarta through advance booking. Therefore, this thesis will discusses the function of group visitor reservations, the process of reservation for grup visitors entry ticket, and also the operation of late arrival of visitors. This study aims to find out how the group ticket reservation reservation system is managed in Taman Pintar Yogyakarta, can also minimize the occurrence of operating time delays when group tour ticket reservations. This study uses qualitative methods and uses descriptive data analysis. Research uses data collection were obtained of observation, documentation, interviews, and also literature study. The study also uses primary data types and secondary data. The results showed that the reservation process for group visitors must to be do because it was very important in providing a space. Operation of the reservation is also do through two indicators, is time management and group visitors delays by confirming the information officer. The results of the study can make it showing for group tourists to make reservations at far before the tour. Research also serves as a media for promotion when group tourists visiting the Information section of the Taman Pintar Yogyakarta to make a reservation.

Kata Kunci : Proses Reservasi, Reservasi, Tiket, Tempat Wisata, Taman Pintar Yogyakarta.

  1. D3-2020-410916-abstract.pdf  
  2. D3-2020-410916-bibliography.pdf  
  3. D3-2020-410916-tableofcontent.pdf  
  4. D3-2020-410916-title.pdf