Laporkan Masalah

Komunitas Info Gojek Jogja Analisis Fungsi Kegiatan Sosial Komunitas Driver Ojek Online di Yogyakarta

FITRIANTO ANDRI G, Prof. Dr. Heddy Shri Ahimsa-Putra M.A., M.Phil.

2020 | Skripsi | S1 ANTROPOLOGI BUDAYA

Ojek online merupakan salah satu jasa transportasi yang kini eksistensinya digemari masyarakat. Hadirnya layanan aplikasi Gojek sangat memudahkan seseorang memesan jasa transportasi ojek hanya dengan melalui ponsel pintar. Keberadaan merek Gojek di bawah PT Aplikasi Karya Anak Bangsa sendiri telah banyak memberikan peluang kerja menjadi driver Gojek. Mudahnya persyaratan menjadi driver Gojek membuat semakin banyaknya orang memilih profesi ini. Aktivitas para driver Gojek ini sangat menarik untuk diketahui, terutama tentang aktivitas mereka di luar jam kerja. Walaupun bukan merupakan kewajiban, sebagian besar driver Gojek bergabung dalam sebuah komunitas agar dapat saling berbagi info dan bantuan. Oleh karenanya, tulisan ini akan membahas mengenai apa saja alasan para driver khususnya driver Gojek di Yogyakarta bergabung dalam sebuah komunitas kerja. Dalam hal ini lebih khusus membahas mengenai salah satu komunitas bernama Komunitas Info Gojek Jogja. Penelitian ini juga membahas apa saja kegiatan dalam komunitas tersebut, serta manfaat yang didapatkan anggotanya saat mengikuti setiap kegiatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni metode obervasi partisipatoris serta wawancara mendalam untuk menghasilkan keakuratan data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan alasan-alasan driver Gojek bergabung dalam komunitas tersebut, yakni berupa alasan internal dan alasan eksternal. Beberapa kegiatan yang telah dilakukan dalam komunitas telah memberikan rmanfaat untuk memperkuat integrasi sosial, solidaritas sosial, dan juga meningkatkan rasa kepedulian sosial bagi anggotanya. Kata Kunci: Transportasi, Ojek, Online, Komunitas

Online taxibike is one of the transportation services that is now popular with the public. The presence of the Gojek application service makes it easy for someone to order a taxibike service only by using a smartphone. The existence of the Gojek brand under Aplikasi Karya Anak Bangsa Inc. itself has provided many job opportunities as a Gojek driver. The ease of being a Gojek driver makes more and more people choose this profession. The activities of the Gojek drivers are very interesting to know, especially about their activities outside working hours. Although not an obligation, most Gojek drivers join a community in order to share information and help with each other. Therefore, this research will discuss what are the reasons for drivers, especially the Gojek drivers in Yogyakarta to join a work community. In this case, it specifically discusses one of the communities called Info Gojek Jogja. This research also discusses what activities in the community, as well as the benefits obtained by members when participating in each activity. The method used in this research is participatory observation and in-depth interviews to produce data accuracy. The results of this research indicate the reasons for Gojek drivers to join the community in the form of internal reasons and external reasons. While some activities that have been carried out in the community have provided benefits to strengthen social integration, social solidarity, and also increase the sense of social care for its members. Keywords: Transportation, Taxibike, Online, Community

Kata Kunci : Kata Kunci: Transportasi, Ojek, Online, Komunitas

  1. S1-2020-350280-abstract.pdf  
  2. S1-2020-350280-bibliography.pdf  
  3. S1-2020-350280-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2020-350280-title.pdf