Laporkan Masalah

DOMPET SEJUTA HARAPAN'S ONLINE PROMOTIONAL ACTIVITIES THROUGH SOCIAL MEDIA FACEBOOK AND INSTAGRAM

ANISA NUR DINIYAH, Drs. Winarto, M.M.

2020 | Tugas Akhir | D3 BAHASA INGGRIS

Promosi online adalah suatu cara dimana perusahaan mengenalkan produk atau jasanya kepada masyarakat luas lewat media sosial. Dompet Sejuta Harapan sebagai institusi sosial dan kemanusiaan menggunakan media social; Facebook dan Instagram untuk mempromosikan program-program guna menarik donatur berdonasi. Metode yang digunakan dalam tugas akhir ini adalah kualitatif dan kuantitatif. Hasilnya menunjukkan bahwa Dompet Sejuta Harapan mempunyai sebuah Divisi Online yang berkolaborasi dengan Divisi Media untuk menangani aktivitas promosi di media sosial. Aktivitas promosi di media sosial dapat memberikan dampak positif bagi Dompet Sejuta Harapan dan masyarakat. Dampak positif bagi Dompet Sejuta Harapan dari aktivitas promosi tersebut antara lain mengurangi anggaran untuk promosi, mengurangi waktu yang dibutuhkan dalam promosi, dan memudahkan dalam memilih target pasar. Selain itu, dampak positif juga dapat dirasakan oleh masyarakat dalam hal kemudahan mendapatkan informasi tentang program-program Dompet Sejuta Harapan tanpa harus datang langsung ke kantor.

Online promotion is a way where a company or institution introduces their products or services to the society through social media. Dompet Sejuta Harapan as a social and humanitarian institution uses social media; Facebook and Instagram for promoting their programs to attract the donors to donate. The methods that used in this final paper was qualitative and quantitative methods. The result showed that Dompet Sejuta Harapan has had an Online Division that collaborated with the Media Division to handle the activity of promotion on social media. The online promotional activities on social media could give positive impacts both for the institution and the society. The positive impacts for Dompet Sejuta Harapan were decreasing the promotional budget, the use of time, and easier for the institution to choose the target market. Besides, the positive impacts were easier for the society to know and get the reminding about the programs in Dompet Sejuta Harapan without coming to the office.

Kata Kunci : Online Promotion, Social Media, Dompet Sejuta Harapan

  1. D3-2020-416151-abstract.pdf  
  2. D3-2020-416151-bibliography.pdf  
  3. D3-2020-416151-tableofcontent.pdf  
  4. D3-2020-416151-title.pdf