Laporkan Masalah

Nongkrong sebagai Coping terhadap Stres pada Anak Usia Sekolah Dasar

Hifdatul Husna, Dr. Budi Andayani, M. A., Psikolog.

2020 | Skripsi | S1 PSIKOLOGI

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi secara mendalam mengenai kegiatan nongkrong di malam hari yang dilakukan oleh anak usia sekolah dasar serta mengetahui faktor yang menjadi penyebab anak-anak usia sekolah dasar melakukan hal tersebut. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan metode studi kasus. Metode pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara mendalam semi terstruktur dengan panduan wawancara yang telah disusun oleh peneliti. Subjek penelitian ini terdiri dari 5 orang anak berusia 10-12 tahun yang diketahui sering nongkrong pada malam hari. Berdasarkan hasil penelitian ini, diketahui mengenai persepsi nongkrong pada malam hari oleh setiap subjek. Kegiatan nongkrong tersebut disebabkan oleh adanya berbagai permasalahan yang mereka alami di rumah. Hal tersebut menjadikan nongkrong sebagai cara untuk menghilangkan rasa stres atau disebut juga sebagai coping terhadap stres.

This study aims to obtain in-depth information about hanging out activities at night carried out by school-aged children and find out the factors that cause school-aged children to do so. The approach used in this research is qualitative with the case study method. The data collection method in this study used a semi-structured in-depth interview with an interview guide that had been prepared by the researcher. The subjects of this study consisted of 5 children aged 10-12 years who were known to often hang out at night. Based on the results of this study, it is known about the perception of hanging out at night by each subject. The hang out was caused by various problems at home. This makes hanging out at night as a way ro relieve stress or also known as coping stress.

Kata Kunci : anak usia sekolah, nongkrong, coping

  1. S1-2020-378341-abstract.pdf  
  2. S1-2020-378341-bibliography.pdf  
  3. S1-2020-378341-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2020-378341-title.pdf