ANALISIS STRATEGI SAMUDERA BIRU SEBAGAI STRATEGI BISNIS PT BANK "XYZ"
M ISA GUNAWAN, Herris B. Simandjuntak, Dr., M.M,
2020 | Tesis | MAGISTER MANAJEMEN (KAMPUS JAKARTA)Perkembangan kredit tanpa agunan yang berbasis aplikasi yang bersifat produktif, memiliki performance yang cukup baik, dimana pencairan yang pada tahun 2018 meningkat dibandingkan tahun sebelumnya, namun hal tersebut sejalan dengan meningkatnya nilai dari NPL. Melihat performance NPL yang cukup tinggi maka pihak bank berusaha untuk dapat menyaring nasabah sebaik mungkin dimana hal tersebut akan berdampak pada meningkatnya biaya untuk melakukan verifikasi lebih detail secara manual. Namun dengan melihat perkembangan dari e-commerce yang begitu pesat saat ini terdapat peluang untuk mendapatkan calon debitur yang lebih sehat dan dapat meningkatkan customer experience. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan observasi terhadap kejadian yang diduga menggunakan strategi samudra biru sebagai salah satu cara untuk dapat bersaing. Metoda analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah VRIO, kanvas strategi, kerangka kerja empat langkah dan rangkaian strategi samudra biru. Hasil dari penelitian ini adalah Bank XYZ memiliki beberapa nilai yang menjadi keunggulan dari produk KTA produktifnya jika dibandingkan dengan pesaing.
The development of non-collateral loans based on productive applications has a fairly good performance, where disbursements increased in 2018 compared to the previous year, but this was in line with the increasing value of NPLs. Seeing the relatively high performance of NPLs, the bank is trying to be able to filter out customers as best as possible where this will have an impact on increasing costs for more detailed verification manually. But by seeing the development of e-commerce so rapidly now there is an opportunity to get prospective debtors who are healthier and can improve customer experience. This study aims to make observations on events that allegedly use blue ocean strategy as a way to be able to compete. The method of analysis used in this study is VRIO, the strategy canvas, the four-step framework and the set of blue ocean strategies. The results of this study are that the "XYZ" Bank has several values which are the advantages of its productive KTA products when compared to competitors
Kata Kunci : e-commerce, Inovasi Nilai, Strategi samudra biru (Blue Ocean Strategy), Kanvas Strategi, Kerangka Kerja Empat Langkah, Rangkaian Strategi Samudra Biru, VRIO