Laporkan Masalah

Analisis Kesesuaian Pola Pengasuhan Anak Perusahaan (Parenting-Fit) Pada PT Waskita Karya (Persero) Tbk

LOLA FRISCA, C. Budi Santoso, Dr., M.Bus.

2019 | Tesis | MAGISTER MANAJEMEN (KAMPUS JAKARTA)

ABSTRAK ANALISIS KESESUAIAN POLA PENGASUHAN ANAK PERUSAHAAN (PARENTING-FIT) PADA PT WASKITA KARYA (PERSERO) TBK Lola Frisca 17/422814/PEK/23660 Strategi korporat yang mengelola beberapa kegiatan usaha (multibusiness firm) akan memiliki kecenderungan yang tepat dan efektif jika terdapat tingkat kesesuaian (fit) yang tinggi antara karakteristik induk perusahaan dengan anak-anak perusahaannya, sehingga tujuan proses penciptaan nilai secara keseluruhan (value creation) dapat tercapai, sebaliknya, tingkat kesesuaian yang rendah akan berpotensi menghancurkan nilai (value destruction) (Campbell, Goold, & Alexander, 1995). Portfolio diversifikasi bisnis yang dikelola Waskita saat ini sebagai induk perusahaan dan program transformasi yang diinisiasi grup Waskita, menuntut Waskita untuk mampu mengelola berbagai jenis kegiatan usaha tetap sejalan dengan misi, visi, strategi, dan nilai-nilai Waskita. Manajemen Waskita juga berupaya tetap mengedepankan sistem tata kelola perusahaan yang baik, sehingga memberikan nilai tambah, keunggulan, manfaat dan keuntungan yang maksimal bagi perusahaan dan para pemangku kepentingan. Penelitian dilakukan menggunakan framework parenting fit matrix dengan mengidentifikasi critical success factors, parenting characteristic, dan parenting opportunities. Langkah selanjutnya melakukan validasi dan pembobotan pada ketiga faktor tersebut untuk memperoleh nilai tingkat kesesuaian antara critical success factors dengan parenting characteristic, dan tingkat kesesuaian parenting characteristic dengan parenting opportunities untuk memetakan posisi empat anak perusahaan dalam peta portofolio bisnis Waskita. Hasil pemetaan parenting-fit matrix, ditemukan satu anak perusahaan, yaitu WSBP yang menghasilkan parenting advantage untuk Waskita (Heartland). WKR dan WKI merupakan dua anak perusahaan yang berpotensi berkontribusi untuk Waskita di masa yang akan datang (Edge of Heartland), sedangkan WTR adalah anak perusahaan yang berpotensi dapat menghancurkan nilai (destroy value) portfolio bisnis Waskita (Value Trap). Hasil pengukuran dan penentuan pola pengasuhan, menemukan bahwa keempat anak perusahaan memiliki pola pengasuhan yang mirip, yaitu management style Strategic Control. Namun, terdapat dua anak perusahaan yang memungkinkan untuk diasuh secara lebih operasional oleh Waskita melalui pola pengasuhan Strategic Planning, yaitu WSBP dan WTR, sedangkan dua anak perusahaan yang lain, yaitu WKR dan WKI dapat diasuh melalui pola pengasuhan Strategic.

ABSTRACT PARENTING-FIT ANALYSIS ON SUBSIDIARIES OF PT WASKITA KARYA (PERSERO) TBK Lola Frisca 17/422814/PEK/23660 Corporate strategy that manages several business activities (multibusiness firm) shall have a high level of fit between the characteristics of the parent company and its subsidiaries in order to achieve the objective of the process of value creation, otherwise, misfit will potentially destroy value (value destruction) (Campbell, Goold, & Alexander, 1995). The business diversification portfolio managed by Waskita as a parent company and the transformation program initiated by Waskita group, requires Waskita to be able to manage various types of business activities align with Waskita's mission, vision, strategies and values. Waskita Management also strives to prioritize a good corporate governance system, to ensure the maximum added value for the company and its stakeholders. The research was conducted using the parenting fit matrix framework by identifying, validating, and weighting the critical success factors, parenting characteristics, and parenting opportunities. The results from the measurement then used to analyze the fit-level between the critical success factors and the parenting characteristic and fit between parenting characteristic and parenting opportunities. The measurement results mapped in the parenting-fit matrix, found that one subsidiary, WSBP, is in the Heartland area which generated parenting advantage for Waskita. WKR and WKI in the Edge of Heartland, are two subsidiaries that have the potential to create value in the future, while WTR is a subsidiary that has the potential to destroy the value of Waskita's business portfolio (Value Trap). The results of measurement and determination of parenting-fit, found that all four subsidiaries have similar parenting style, the Strategic Control management style. However, there are two subsidiaries that allow Waskita to manage WSBP and WTR more operationally through a Strategic Planning style, while the other two subsidiaries, WKR and WKI can be managed through the Strategic Control style.

Kata Kunci : Corporate Strategy, Parenting Advantage, Parenting Fit Matrix, Management Style.

  1. S2-2019-422814-Abstract.pdf  
  2. S2-2019-422814-Bibliography.pdf  
  3. S2-2019-422814-Tableofcontent.pdf  
  4. S2-2019-422814-Title.pdf