ANALISIS RANTAI NILAI UNTUK MEMBERIKAN REKOMENDASI STRATEGI BERDASARKAN KEUNGGULANKOMPETITIF (Studi di PT. SINAR ABADI UNIVERSAL)
ALMONDRO, Dr. Ir. Adi Djoko Guritno, MSIE.,
2020 | Tesis | MAGISTER MANAJEMEN (KAMPUS JAKARTA)Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengindentifikasi rantai nilai perusahaan yang berhubungan dengan aktivitas operasionalnya. Manajemen rantai pasokan digunakan untuk menggambarkan aktivitas operasional internal perusahaan. Setelah diidentifikasi, analisis terhadap rantai nilai dilakukan untuk menemukan peluang untuk meningkatkan nilai pada masing-masing aktivitas. Rekomendasi untuk peningkatan nilai tersebut menjadi faktor yang menambah keunggulan perusahaan berdasarkan blok bangunan umum dalam mencapai keunggulan kompetitif. Berdasarkan hal tersebut, strategi yang paling sesuai kemudian direkomendasikan kepada perusahan berdasarkan rekomendasi keunggulan kompetitifnya. Dalam menganalisis rantai nilai, metode yang digunakan adalah dengan menentukan penggerak biaya dalam tingkat sumber daya berdasarkan biaya operasional perusahaan. Faktor- faktor yang menggerakan biaya kemudian dipastikan dan divalidasi melalui wawancara dengan perwakilan manajemen perusahaan. Hubungan antara penggerak biaya dan peluang kemudian ditentukan berdasarkan referensi dan masukkan dari pendapat manajemen.
This study aims to identify the company's value chain that is associated with its operational activities. Supply chain management is used to describe the company's internal operational activities. Once identified, an analysis of the value chain is carried out to find opportunities to increase value in each activity. The recommendations for increasing value are factors that add to the company's advantages based on general building blocks of competitive advantage. Based on this, the most suitable strategy is then recommended to the company based on its competitive advantage recommendations. In analyzing the value chain, the method used is to determine the cost driver in the level of resources based on the company's operational costs. Factors that drive costs are then confirmed and validated through interviews with company management representatives. The linkages between the cost driver and the opportunity is then determined by reference and input from management's opinion.
Kata Kunci : Keywords : Value Chain, Supply Chain Management, General Building Blocks of Competitive Advantage, Competitive Advantage, Cost Driver