PERUMUSAN MISI, VISI, NILAI DAN IMPLIKASINYA TERHADAP SASARAN STRATEGIS PT IMPERIUM MITRA SUKSES TAHUN 2020-2025
RAMADI PUTERA, Rangga Almahendra, Dr., S.T., M.M.,
2020 | Tesis | Magister ManajemenMisi, visi, nilai dan sasaran strategis merupakan aspek penting yang harus dimiliki oleh organisasi bisnis untuk dapat meningkatkan daya saing perusahaan di dalam industri. Misi dan visi akan mengarahkan organisasi bisnis untuk bisa mencapai tujuan yang ingin dicapai. Nilai-nilai inti berperan sebagai standar perilaku yang mendukung terwujudnya misi dan visi. Sedangkan sasaran strategis akan menjadi langkah awal organisasi dalam mewujudkan misi dan visi yang ditetapkan. Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan misi, visi, nilai dan sasaran strategis lima tahun kedepan pada PT Imperium Mitra Sukses yang saat ini sedang mengalami pertumbuhan pesat di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Penelitian ini menggunakan tahapan perumusan misi dan visi yang dikembangkan oleh Srinivasan (2014). Penelitian ini bersifat kualitatif dengan menggunakan data primer yang didapat melalui wawancara dan focus group discussion (FGD) bersama pihak pemilik dan manajemen perusahaan. Selain itu, penelitian ini juga menggunakan data sekunder yang didapat melalui wawancara dengan seluruh representatif divisi kerja yang ada di perusahaan. Untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan, peneliti menggunakan instrumen panduan wawancara dan FGD yang telah dipersiapkan sebelumnya. Setelah mendapatkan data primer dan data sekunder, selanjutnya dilakukanlah pemetaan elemen pembentuk misi dan visi mengikuti rerangka kerja yang dikembangkan oleh Campbell dan Yeung (1991) dan Collins dan Porras (1996). Proses pemetaan juga meliputi penetapan nilai-nilai inti organisasi melalui FGD yang dilakukan peneliti dan pihak pemilik. Setelah melakukan pemetaan elemen pembentuk misi dan visi, peneliti melakukan FGD dengan pihak pemilik untuk menyampaikan hasil temuan dan usulan rancangan misi dan visi perusahaan. Dalam proses FGD pemilik menyampaikan beberapa masukan dan pendapat terkait dengan rumusan misi dan visi yang akan ditetapkan. Kemudian berdasarkan masukan dan pendapat tersebut peneliti dan pemilik bersama-sama menetapkan misi dan visi PT Imperium Mitra Sukses. Selanjutnya peneliti melakukan FGD lanjutan dengan pihak pemilik dan manajemen perusahaan untuk merumuskan sasaran strategis perusahaan lima tahun kedepan. Hasil perumusan misi yang disepakati dengan pemilik adalah ingin turut serta menyediakan produk kebutuhan bangunan yang memiliki kualitas terbaik melalui edukasi secara tepat dengan harga yang kompetitif dan pelayanan yang prima. Pada hasil perumusan visi disepakati ingin menjadi supermarket konstruksi, bahan bangunan dan dekorasi terbesar di pulau Jawa dengan menghadirkan ragam produk berkualitas dan memiliki saluran distribusi yang kuat di setiap kota. Hasil penetapan nilai-nilai inti yaitu integritas, profesional dan kekeluargaan. Untuk sasaran strategis lima tahun kedepan adalah membangun infrastruktur perusahaan, merekrut tenaga kerja profesional dan membuka satu cabang Imperium Baja.
Mission, vision, values and strategic objectives are several important aspects that must be possessed by business organizations to improve the competitiveness of companies in the industry. Mission and vision would direct business organizations to achieve their goals. Core values as a standard behavior would support the realization of mission and vision. While the strategic objectives would be the initial step of the organization to actualize the mission and vision. This research aims to formulate the mission, vision, values and strategic objectives for the next five years at PT Imperium Mitra Sukses which is currently experiencing rapid growth in Brebes Regency, Central Java. This study used the stages of the mission and vision formulation developed by Srinivasan (2014). This qualitative research used primary data that was obtained through interviews and Focus Group Discussion (FGD) with the owners and management of the company. In addition, this study also used secondary data that was obtained through interviews with all employee’s division representatives in the company. To collect the required data, the researcher used interview guides and FGD instruments that have been previously prepared. After obtaining primary and secondary data, the researcher mapped all the elements of the mission and vision maker then followed the framework developed by Campbell and Yeung (1991) and Collins and Porras (1996). The mapping process also includes determining the core values of the organization through FGD conducted by the researcher and the owner. After mapping the elements which form the mission and vision, the researcher conducted a FGD with the owner to present the findings and proposals of the company's mission and vision design. In the FGD process, the owner conveyed some inputs and opinions that are related to the mission statement and vision that would be determined. Then based on these inputs and opinions the researcher and the owner set the mission and vision of PT Imperium Mitra Sukses. Next, the researcher conducted a further FGD with the owners and management of the company to formulate the company's strategic goals for the next five years. The result of the agreement with the owner is that want to participate in providing products of the highest quality building needs through proper education at a competitive price and excellent service. As a result of the vision formulation, it was agreed it would become the largest construction, building and decoration supermarket in Java island by presenting a variety of quality products and having strong distribution channels in each city. The results of determining the core values of the organization are integrity, professionalism and kinship. The strategic goals for the next five years are to build company infrastructure, to recruit professional employees and to open a branch of Imperium Baja.
Kata Kunci : Mission and Vision Formulation, Values, Strategic objectives.