Laporkan Masalah

FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar pada Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2017)

RISANTIA ADHIATMA PRATIWI, Indra Wijaya Kusuma, Prof., Dr., MBA.

2019 | Skripsi | S1 AKUNTANSI

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan. Faktor yang diteliti yaitu leverage, profitabilitas, proporsi wanita pada dewan komisaris, proporsi wanita pada komite audit, dan latar belakang pendidikan komite audit. Pengungkapan tanggung jawab sosial diukur dengan membandingkan informasi yang terdapat pada laporan tahunan perusahaan dengan Sustainability Reporting Guidelines yang diterbitkan oleh Global Reporting Index (GRI). Sampel penelitian merupakan perusahaan pada sektor manufaktur yang terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia sepanjang tahun 2013 hingga 2017. Pemilihan sampel menggunakan metode purposive sampling, diperoleh 65 perusahaan yang memenuhi kriteria penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profitabilitas memiliki pengaruh positif signifikan dan sebaliknya proporsi wanita pada komite audit memiliki pengaruh negatif signifikan terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan. Ketiga variabel lainnya tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap luas pengungkapan tanggung jawab sosial.

The purpose of this research is to analyze what factors that affected corporate social responsibility disclosure. The factors that being analyzed are leverage, profitability, woman in board of commissioners, woman in audit committee, and expertise of audit committee. Corporate Social Responsibility (CSR) disclosure is assessed by comparing the suitability information on annual report to Sustainability Reporting Guidelines that is published by Global Reporting Index (GRI). The sample of this research are firms of manufacturing sector, that listed on Bursa Efek Indonesia from 2013 to 2017. The samples are determined by purposive sampling method and obtain 65 firms fulfilling criteria of this research. The results indicate that profitability has a positive significant effect, on the other side woman in audit committee has a negative significant effect towards corporate social responsibility disclosure. The rest of the variables have no significant effect on corporate social responsibility disclosure.

Kata Kunci : CSR, profitabilitas, net profit margin, leverage, komite audit, dan dewan komisaris.

  1. S1-2019-330687-abstract.pdf  
  2. S1-2019-330687-bibliography.pdf  
  3. S1-2019-330687-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2019-330687-title.pdf