Laporkan Masalah

Peran Motivasi Belajar dan Regulasi Diri Sebagai Mediator Hubungan antara Adiksi Internet dan Prokrastinasi Akademik dalam Penulisan Skripsi

POPPY NENTA BENITHA, Dr. Budi Andayani., M. A., Psikolog

2020 | Tesis | MAGISTER PSIKOLOGI PROFESI

Penelitian ini bertujuan untuk menguji peran motivasi belajar dan regulasi diri sebagai mediator hubungan antara adiksi internet dengan prokrastinasi akademik. Hipotesis yang diajukan adalah adanya peran motivasi belajar dan regulasi diri yang secara signifikan memediasi adiksi internet dengan prokrastinasi akademik. Partisipan dalam penelitian ini sebanyak 101 mahasiswa yang berasal dari program studi manajemen, ilmu komunikasi, ilmu ekonomi pembangunan pada salah satu Universitas Negeri yang sedang mengambil skripsi selama dua semester atau lebih. Adapun alat ukur yang digunakan yakni skala adiksi internet, skala motivasi belajar, skala regulasi diri, dan skala prokrastinasi akademik. Penelitian ini menggunakan analisis jalur untuk melihat efek mediasi. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa motivasi belajar dan regulasi diri dapat memediasi adiksi internet dengan prokrastinasi akademik secara parsial dengan nilai signifikansi 0,030 (p<0,05). Mediasi yang terjadi disebut parsial dikarenakan terdapat efek langsung dari adiksi internet terhadap prokrastinasi akademik dengan nilai R Square 0,235 yang artinya variabel adiksi internet mampu menjelaskan langsung variabel prokrastinasi akademik sebesar 23,5%.

The study aims to examine the role of learning motivation and self regulation as a mediator between internet addiction and academic procrastination. The hypothesis proposed is the role of learning motivation and self regulation that significantly mediates internet addiction with academic procrastination.Participants in this study were 101 college students of management courses, communication science courses, and development economics one of the State Universities who were taking thesis for two or more semesters. The measuring instrument used was internet addiction scale, learning motivation scale, self regulation scale, and academic procrastination scale. This study uses path analysis to see the effects of mediation. The results of this study found that learning motivation and self regulation can mediate internet addiction and academic procrastination partially with p-value 0,030 (p<0,05). Mediation that occurs is called partial because there is a direct effect of internet addiction on academic procrastination with an R Square value 0,235, which means the internet addiction variable is able to explain directly the variable of academic procrastination of 23,5%.

Kata Kunci : Kata Kunci: Prokrastinasi Akademik, Motivasi Belajar, Regulasi Diri, Adiksi Internet.

  1. S2-2020-403944-abstract.pdf  
  2. S2-2020-403944-bibliography.pdf  
  3. S2-2020-403944-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2020-403944-title.pdf