FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI UNTUK BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA FAKULTAS PETERNAKAN UGM
HANIF DHIAN RIFQI, Dr. Ir. Siti Andarwati, S.Pt., MP., IPM.; Dr. Tri Anggraeni Kusumastuti, SP., MP., IPM.
2020 | Skripsi | S1 ILMU DAN INDUSTRI PETERNAKANTren untuk menjadi wirausaha meningkat di Indonesia sejak tahun 2013. Wirausaha menjadi suatu profesi yang diminati oleh masyarakat Indonesia. Hasil survey pada tahun 2019 menyatakan bahwa sebanyak 69,10% generasi muda Indonesia yang berusia 20 hingga 35 tahun menyatakan ingin berwirausaha walaupun wirausaha sering dipandang sebagai pilihan karir yang menantang, dimana seseorang menghadapi kehidupan sehari-hari dalam situasi kerja yang penuh dengan rintangan kerja dan ketidakpastian. Banyak faktor yang dapat mendorong dan memotivasi seseorang untuk berwirausaha antara lain ekspektasi pendapatan, keinginan untuk merasakan kebebasan bekerja, sarana aktualisasi diri dan juga keinginan untuk memberikan manfaat bagi orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik dan tingkat motivasi berwirausaha responden dan faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi untuk berwirausaha. Responden penelitian adalah mahasiswa S1 Fakultas Peternakan UGM angkatan 2016. Jumlah sampel 68 mahasiswa yang terdiri dari 34 orang laki-laki dan 34 orang perempuan. Penentuan jumlah sampel menggunakan metode Slovin. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode Convenience Sampling. Untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi digunakan Analisis Regresi Linear Berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 100% responden menginginkan untuk berwirausaha namun hanya 58,82% saja yang sudah memulai usaha selama masa kuliah. Motivasi untuk berwirausaha pada responden tergolong tinggi. Pengaruh ekspektasi pendapatan, keinginan merasakan kebebasan, aktualisasi diri dan keinginan memberikan manfaat terhadap motivasi berwirausaha tergolong tinggi. Variabel bebas yaitu ekspektasi pendapatan, keinginan merasakan kebebasan, aktualisasi diri dan keinginan memberikan manfaat secara bersama-sama berpengaruh positif dan nyata terhadap motivasi berwirausaha (p<0,05) dengan nilai Adjusted R2 sebesar 62,30% sedangkan sisanya sebesar 37,70% dipengaruhi oleh faktor lain.
The trend to become an entrepreneur has increased since 2013 in Indonesia. Entrepreneurship has become a profession that was in high demand by Indonesian people. The result of survey in 2019 stated that as many as 69.10% of Indonesian's young generation aged 20 to 35 stated that they wanted to be entrepreneurs even though entrepreneurship was often seen as a challenging career choice, where someone faced daily life in a work situation filled with work obstacles and uncertainty. Many factors can encourage and motivate someone to entrepreneurship, such as income expectations, the desire to feel freedom of work, self-actualization, and also the desire to provide benefits for others. This research was conducted to determine the characteristics and levels of entrepreneurial motivation and also the factors that influence motivation for entrepreneurship. Respondents of this study were student generation 2016 in S1 Faculty of Animal Science, UGM. The number of samples used there were 68 students consisting of 34 men and 34 women. Samples was determined by using Slovin method. Sampling technique using Convenience Sampling. Multiple Linier Regression Analysis was used to analyze factors which affecting entrepreneurship motivation. The results obtained indicate that 100% of respondents wanted to be entrepreneurs but only 58,82% of them have begun effort during lecture. Entrepreneurship motivation of respondents was in high category. The effects of income expectations, the desire to feel freedom, self-actualization, and the desire to provide benefits were in high category. Independent variables that consisted of income expectations, the desire to feel freedom, self-actualization, and the desire to provide benefits simultaneously have real and positive effects on entrepreneurial motivation (p<0,05) with Adjusted R2 value of 62,30% while the remaining 37,70% was influenced by other factors.
Kata Kunci : Motivation, motivational factors, entreprenurship, students