Laporkan Masalah

Pemanfaatan Kereta Bandara Soekarno Hatta Dalam Menunjang Mobilitas Penumpang

LUTHFAN ADLI W, Drs. H.B.S. Eko Prakoso, M.SP.

2019 | Skripsi | S1 PEMBANGUNAN WILAYAH

Kereta Bandara Soekarno Hatta yang dikelola oleh PT Railink merupakan Kereta Api yang beroperasi khusus dari pusat kota menuju Bandara Soekarno Hatta dan sebaliknya. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan karakteristik sosial ekonomi dan pergerakan penumpang Kereta Bandara Soekarno-Hatta, (2) Menilai kualitas pelayanan pemanfaatan moda transportasi Kereta Bandara Soekarno-Hatta, (3) Menganalisis hubungan antara karakteristik penumpang dan penilaian pemanfaatan Kereta Bandara Soekarno-Hatta dalam menunjang mobilitas penumpang. Pemilihan lokasi penelitian adalah Stasiun Sudirman Baru. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah survei langsung di lapangan dengan menggunakan kuesioner sebagai alat bantu untuk mendapatkan data primer dan informasi. Didapatkan 100 sampel dengan menggunakan rumus Slovin dalam penentuan sampel dan teknik pengambilan sampel adalah accidental sampling. Hasil dari penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif yang didukung oleh analisis peta dan olahan data. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Penumpang Kereta Bandara Soekarno-Hatta didominasi oleh laki-laki dengan usia produktif kerja, pendapatan per bulan di atas 10 juta rupiah, menggunakan kereta bandara untuk bekerja/ekonomi (2) Penilaian penumpang terhadap kualitas pelayanan kereta bandara sudah mencapai kategori baik dengan nilai rata-rata 3,32 (3). Hubungan antara karakteristik penumpang dan penilaian kualitas pelayanan Kereta Bandara Soekarno-Hatta selaras.

Soekarno Hatta Airport Railink which managed by PT Railink is a train that operates specifically from the city center to Soekarno Hatta Airport and vice versa. This study is intends to (1) describe the characteristic of social-economy and movement of passangers Soekarno Hatta Airport Railink, (2) asses the services quality of transportation modes Soekarno-Hatta Airport Railink (3) analyze correlation between characteristic passangers and services quality of Soekarno-Hatta Airport Railink. The selection of research location is Sudirman Baru Station. The method used in this study is a direct survey in the field using a questionnaire as an instrument to get primary data and information. One hundred samples were obtained using the Slovin formula in sample determination and the sampling technique was accidental sampling. The results of this study are quantitative descriptive supported by analysis of maps and processed data. The results obtained from this study are (1) characteristics of Soekarno Hatta Airport Railink passangers are dominated by men with productive working age, monthly income above 10 million rupiah, using airport train for work/economy (2) Passenger ratings on the quality of airport train services have reached the "good" category with an average rating score 3.32 (3) The relationship between the characteristics of passengers and the service quality of the Soekarno-Hatta Airport Railroad is consistent.

Kata Kunci : Kereta Bandara Soekarno Hatta, sosial-ekonomi, mobilitas, kualitas jasa pelayanan

  1. S1-2019-382405-abstract.pdf  
  2. S1-2019-382405-bibliography.pdf  
  3. S1-2019-382405-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2019-382405-title.pdf