Laporkan Masalah

Analisis Keunggulan Bersaing Berkelanjutan PT Mitra Geotama Indonesia Dengan Pendekatan Berbasis Sumber Daya

YUSTIKARANI JULIANTI, Rangga Almahendra, Dr., S.T., M.M.

2019 | Tesis | Magister Manajemen

PT Mitra Geotama Indonesia merupakan perusahaan konsultan jasa survei pemetaan yang bergerak di bidang industri geospasial. Pengalaman gagal bersaing yang ditandai dengan penurunan jumlah pekerjaan secara signifikan di tahun 2016 dan tahun 2017 menjadi pukulan telak bagi manajemen perusahaan. Pada tahun 2018 perusahaan berhasil memenangkan persaingan dengan lebih baik, namun memunculkan kekhawatiran manajemen tidak mampu mempertahankan posisi saat ini. Perusahaan dapat memenangkan persaingan dalam industri ketika perusahaan tersebut memahami faktor untuk dapat sukses dalam industri tersebut dan memiliki sumber keunggulan bersaing berkelanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor kunci sukses di industri geospasial, sumber daya dan kapabilitas yang dimiliki oleh perusahaan dan keunggulan bersaing berkelanjutan. Pengumpulan data dilakukan dengan analisis dokumen, wawancara, dan kuesioner. Hasil dari data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis faktor kunci sukses, pendekatan berbasis sumber daya dan analisis VRIO. Hasil dari analisis faktor kunci sukses didapatkan bahwa industri geospasial memiliki tujuh faktor kunci sukses yang akan mempengaruhi keberhasilan perusahaan di industri. Hasil analisis terhadap sumber daya dan kapabilitas menghasilkan lima sumber daya dan kapabilitas yang menjadi kekuatan kunci bagi perusahaan. Dari kelima sumber daya dan kapabilitas tersebut hanya empat yang lulus untuk analisis VRIO, dikarenakan satu sumber daya tidak memenuhi syarat ketika dibandingkan dengan penilaian pada faktor kunci sukses. Analisis VRIO menghasilkan dua sumber daya yang menjadi sumber keunggulan bersaing berkelanjutan PT Mitra Geotama Indonesia yaitu kemampuan manajemen proyek yang tepat waktu dan kemampuan pembuatan usulan teknis.

PT Mitra Geotama is service consultant for mapping survey engaged in geospatial industry sectors. The experience of failing to compete which was marked by significant reduction of jobs on 2016 and 2017 become a huge nightmare for the company. On 2018, the company succeed to compete better at the market. But, this condition raised another concern for the management regarding their ability to maintain their current position. The company could compete and win the industry if they understand the factors needed to be successful in the industry. Moreover, the company would be success if they have sustainable competitive advantage. This study aims to analyze key factors of success in geospatial industry, resources, company capabilities, and sustainable competitive advantages. Data collection was done by analyzing documents, interview, and questionnaire. Then, the data were analyzed by analysis of success key factors, resources based approach, and VRIO analysis. The result shows that geospatial industry has 7 key factors that can affect the success of company in the industry. While in terms of company's capabilities and resources, there are 5 resources and capabilities that become key power for the company. From 5 resources and capabilities, only 4 that can be used for VRIO analysis. Because, one of the resources was not eligible enough compared to the assessment on the key factors of success. VRIO analysis produces 2 resources that become sustainable competitive advantage source of PT Mitra Geotama Indonesia. It is company's ability to have on time project management and its ability to make a technical proposal.

Kata Kunci : faktor kunci sukses, pendekatan berbasis sumber daya, keunggulan bersaing berkelanjutan

  1. S2-2020-432710-abstract.pdf  
  2. S2-2020-432710-bibliography.pdf  
  3. S2-2020-432710-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2020-432710-title.pdf