Laporkan Masalah

Evaluasi Strategi Go Rebound PT Angkasa Pura II (Persero)

BINTA RIZKINA A, T. Hani Handoko, Dr., M.B.A.

2019 | Tesis | MAGISTER MANAJEMEN (KAMPUS JAKARTA)

Lalu-lintas penumpang dan pesawat udara mengalami penurunan dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Penurunan jumlah penumpang dan pesawat udara berakibat pada penurunan pendapatan yang signifikan, dirasakan oleh PT Angkasa Pura II (Persero) sebagai perusahaan pengelola bandar udara. Penyesuaian strategi perusahaan dilakukan melalui Strategi Go Rebound yang ditetapkan dengan tujuan untuk meminimalkan risiko penurunan pendapatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi Strategi Go Rebound berdasarkan teori evaluasi strategi bisnis dari Rumelt, yang menekankan evaluasi strategi berdasarkan kepada Konsintensi, Konsonan, Keunggulan, dan Kelayakan. Desain penelitian ini adalah desktiptif kualitatif dengan menggunakan alat analisis berdasarkan pada pertanyaan-pertanyaan evaluasi strategi bisnis oleh Rumelt yang didukung dengan analisis industri Porter's Five Forces untuk menentukan industry competitiveness dan analisis lingkungan internal perusahaan dengan menggunakan analisis sumber daya perusahaan, analisis VRIN, dan analisis Rantai Nilai untuk dapat menentukan keunggulan kompetitif berkelanjutan berdasarkan sumber daya dan kapabilitas. Hasil evaluasi strategi Go Rebound ditemukan bahwa: (1) konsistensi strategi perusahaan berfokus pada 1 tujuan jangka panjang dari 5 tujuan yang ditetapkan, (2) strategi ditetapkan sebagai tindakan adaptasi atas perubahan industri sesuai kriteria konsonan, (3) strategi telah mencerminkan keunggulan perusahaan melalui pemilihan program kerja yang sesuai dengan sumber daya dan kapabilitas dengan keunggulan kompetitif berkelanjutan, (4) strategi layak diterapkan perusahaan dan memberikan nilai tambah dengan adanya informasi detil untuk setiap program kerja serta kategorisasi setiap Direktorat dan Kantor Cabang sesuai dengan pendapatan riil. Implementasi strategi telah berjalan efektif dan membantu perusahaan mencapai target di tahun 2019.

Passenger and airplane traffic have decreased compared to the previous year. Decline in the number of passengers and aircraft resulted in a significant decrease in revenue PT Angkasa Pura II (Persero) as an airport operator company. Company's strategy adjustment is done through the Go Rebound Strategy that is set with the aim to minimize the risk of declining revenue. This study intent to evaluate Go Rebound Strategy based on Rumelt's business strategy evaluation theory, which emphasizes strategy evaluation based on Concentration, Consonance, Advantage, and Feasibility. Design of this study is a qualitative descriptive, using analytical tools based on Rumelt's business strategy evaluation questions which are supported by Porter's Five Forces industry analysis to determine industry competitiveness and analysis company's internal environment using Resource analysis, VRIN analysis, and Value Chain analysis to determine competitive advantage based on resources and capabilities. Go Rebound strategy evaluation results found as follows: (1) the consistency of the company's strategy focuses on 1 long-term goals out of 5 set goals, (2) the strategy is determined as an adaptation action to changes in the industry according to consonant criteria, (3) the strategy has reflected the company's advantages through the selection of program in accordance with company's resources and capabilities with sustainable competitive advantage, (4) the strategy is feasible to be implemented and provides added value with detailed information for each work program and categorization for Directorates and Branch Offices according to their real income. Strategy implementation has been effective and helped company to achieve its targets in 2019.

Kata Kunci : Evaluasi Strategi Bisnis, Rumelt, Konsistensi, Konsonan, Keunggulan, Kelayakan, Porter's Five Forces Model

  1. S2-2019-391899-abstract.pdf  
  2. S2-2019-391899-bibliography.pdf  
  3. S2-2019-391899-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2019-391899-title.pdf