Laporkan Masalah

BAZNAS KOTA YOGYAKARTA AND THE EFFORTS TO BUILD THE CORPORATE REPUTATION

WIWIT AYUDI, AHMAD MUAM, S.S., M.Sc

2019 | Tugas Akhir | D3 BAHASA INGGRIS

Tugas Akhir ini bertujuan untuk membahas upaya pembangunan reputasi perusahaan jangka panjang bagi sebuah lembaga. Metode yang penulis gunakan adalah metode studi kasus, dengan mengumpulkan data dari perpustakaan serta pengamatan langsung selama magang di BAZNAS Kota Yogyakarta, terhitung dari bulan Februari sampai dengan bulan April 2019. Wawancara dilakukan dengan Kepala Bagian I, yaitu Bagian Penggalangan Dana dan Kepala Bagian III yaitu Kepala Bagian Keuangan, Perencanaan dan Pelaporan, untuk mendapatkan data mengenai usaha BAZNAS Kota Yogyakarta dalam membangun reputasi. Beberapa informasi lainnya dibantu oleh Bagian Umum dan Administrasi, Bagian Pentasharufan, dan Staf anggota STAKEL. Tujuan utama BAZNAS Kota Yogyakarta adalah mengelola dan mendistribusikan zakat untuk membangun kepercayaan masyarakat khususnya masyarakat Kota Yogyakarta. Dalam pengamatan ini, penulis mendapatkan data bahwa usaha BAZNAS Kota Yogyakarta sudah memenuhi syarat atau ketentuan minimum membangun reputasi jangka panjang, yaitu menganalisis pesaing, menetapkan nilai-nilai inti, menentukan target eksternal, mewujudkan visi, menggunakan media sebagai siasat, merencanakan peta strategis, bersedia untuk diukur, dan pengecekan realitas yang sedang berlangsung. Singkatnya, usaha yang telah dilakukan oleh BAZNAS Kota Yogyakarta untuk membangun reputasinya yaitu pemetaan pesaing dan memiliki empat prinsip yang berfungsi sebagai acuan dan pedoman kerja. Perwujudan visi dan pembangunan reputasi ini ditujukan kepada masyarakat khususnya kepada masyarakat Kota Yogyakarta. Untuk mewujudkannya, BAZNAS Kota Yogyakarta telah memiliki siasat, yang digunakan setelah perancangan peta strategis. Akhirnya, BAZNAS Kota Yogyakarta menyatakan bahwa sebagai lembaga amil zakat resmi, mereka telah melakukan transparansi dan bersedia untuk diperiksa, baik dalam pengelolaan maupun penyaluran zakat. Dalam kinerja yang sedang berlangsung, BAZNAS Kota Yogyakarta juga menerapkan pemeriksaan realitas berkelanjutan.

This final paper intends to discuss the efforts of BAZNAS Kota Yogyakarta to build the long term corporate reputations for an institution. The methods that the writer used are case study. The data collected from the library and the direct observation during the internship program in BAZNAS Kota Yogyakarta from February to April 2019. The interview was done by inviting two executors of BAZNAS Kota Yogyakarta, The Head of Fundraising Department and the Head of Financial, Planning and Reporting Department, to explain and describe the problem in building the reputation. Adding information was done by the HR Department, the Department of Distribution and Empowerment, and the Staff of STAKEL by interview the staff and ask the related data. The primary purpose of BAZNAS Kota Yogyakarta is to manage and distribute the zakat, both zakat fitr or zakat maal to build the people's trust. In observing BAZNAS Kota Yogyakarta�s effort to build the corporate reputation, the writer resulted what has been done by BAZNAS Kota Yogyakarta already meet minimum principal or condition to build the long term reputations, which they are analyzing the competitor, establishing the core values, targeting the external audiences, compelling vision, using the tactical tool kit, planning the strategic map, dare to be measured, and ongoing reality check. In brief, BAZNAS Kota Yogyakarta has done mapping the competitors and has four principles that functioned as the work guideline and reflection. The vision and reputation are addressed to the public, especially to the society of Yogyakarta City. In order to deliver that, BAZNAS Kota Yogyakarta already has the tactical tool kit that used after planning the strategic maps. Finally, BAZNAS Kota Yogyakarta declares that as an official amil zakat institution they do the transparency and willing to be checked both management and distribution zakat, and in the performance they apply the ongoing reality check.

Kata Kunci : BAZNAS Kota Yogyakarta, Corporate Reputation, Management and Distribution Zakat

  1. D3-2019-396192-abstract.pdf  
  2. D3-2019-396192-bibliography.pdf  
  3. D3-2019-396192-tableofcontent.pdf  
  4. D3-2019-396192-title.pdf