KEBIJAKAN STRUKTUR MODAL DAN NILAI PERUSAHAAN DALAM PERSPEKTIF PECKING ORDER THEORY (Studi Empiris: Perusahaan Consumer Goods yang Tercatat di BEI periode 2014-2018)
SHADRINA ARIFIN P, Heirmendito, Dr., SE. MM.
2019 | Tesis | MAGISTER MANAJEMEN (KAMPUS JAKARTA)Penelitian ini menguji pengaruh profitabilitas terhadap struktur modal serta pengaruh struktur modal terhadap nilai perusahaan yang didasari oleh perspektif pecking order theory sebagai salah satu teori struktur modal, Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan yang berada di dalam sektor consumer goods yang tercatat di Bursa Efek Indonesia dengan tahun pengamatan mulai dali tahun 2014 sampai dengan tahun 2018 dengan jumlah sampel sebanyak 31 perusahaan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa profitabilitas memiliki pengaruh negatif signifikan terhadap struktur modal. Temuan ini membuktikan bahwa kebijakan struktur modal perusahaan cosumer goods di Indonesia konsisten dengan perpektif pecking order theory, yaitu ketika profitabilitas perusahaan meningkat maka penggunaan utang dalam struktur modal menurun, dan sebaliknya. Pengaruh struktur modal terhadap nilai perusahaan ditemukan positif dan signifikan. Temuan ini membuktikan bahwa struktur modal dalam memengaruhi nilai perusahaan tidak sejalan dengan pecking order theory dimana ketika penggunaan utang dalam struktur modal meningkat, maka nilai perusahaan menurun dan sebaliknya. Namun temuan ini menunjukan bahwa struktur modal dalam memengaruhi nilai perusahaan didasari oleh MM theory dan trade-off theory, dimana peningkatan utang dapat meningkatkan nilai perusahaan apabila belum mencapai titik optimalnya.
This study examines the effect of profitability on capital structure and the effect of capital structure on firm value based on the perspective of pecking order theory as one of the capital structure theories. The sample used in this study is companies that are in the consumer goods sector listed on the Indonesia Stock Exchange with observational years starting from 2014 to 2018 with a total sample of 31 companies. The results of this study indicate that profitability has a significant negative effect on capital structure. This finding proves that the capital structure policy of cosumer goods companies in Indonesia is consistent with the perspective of pecking order theory, namely when the profitability of companies increases, the use of debt in the capital structure decreases, and vice versa. The effect of capital structure on firm value was found to be positive and significant. This finding proves that the capital structure in influencing firm value is not in line with the pecking order theory where when the use of debt in the capital structure increases, the value of the company decreases and vice versa. However, this finding shows that capital structure in influencing company value is based on MM theory and trade-off theory, where an increase in debt can increase firm value if it has not reached its optimal point.
Kata Kunci : struktur modal, nilai perusahaan, profitabilitas, pecking order theory / capital structure, firm value, profitability, pecking order theory