Laporkan Masalah

Peran Efikasi Diri Akademik sebagai Mediator Kecerdasan Emosi dan Prokrastinasi Akademik dalam Penyusunan Skripsi Mahasiswa

TIARA FAIZA RAYESA, Dr. Esti Hayu Purnamaningsih, M.S., Psikolog

2019 | Tesis | MAGISTER PSIKOLOGI PROFESI

Penelitian ini bertujuan untuk menguji peran efikasi diri akademik sebagai mediator antara kecerdasan emosi dengan prokrastinasi akademik. Hipotesis yang diajukan adalah adanya peran efikasi diri akademik yang secara signifikan memediasi kecerdasan emosi dengan prokrastinasi akademik. Partisipan dalam penelitian ini adalah 108 mahasiswa Fakultas X di salah satu Universitas Negeri yang ada di kota Malang yang sedang mengambil skripsi dan berada di semester 10 atau lebih. Adapun alat ukur yang digunakan adalah tes pemahaman dan pengelolaan emosi (TPPE), skala efikasi diri akademik, dan skala prokrastinasi akademik. Penelitian ini menggunakan analisis jalur untuk melihat efek mediasi. Hasil penelitian ini menemukan bahwa efikasi diri akademik dapat memediasi kecerdasan emosi dengan prokrastinasi akademik secara parsial dengan nilai signifikansi 0,005 (p<0,05). Mediasi yang terjadi disebut parsial dikarenakan terdapat efek langsung dari kecerdasan emosi terhadap prokrastinasi akademik dengan nilai R Square 0,126 yang artinya variabel kecerdadasan emosi mampu menjelaskan langsung variabel prokrastinasi akademik sebesar 12,6%. Selain itu, penelitian ini menghasilkan temuan bahwa prokrastinasi akademik lebih banyak dilakukan oleh laki-laki dibandingkan perempuan.

This study aims to examine the role of academic self-efficacy as a mediator between emotional intelligence and academic procrastination. The hypothesis proposed is the role of academic self-efficacy that significantly mediates emotional intelligence with academic procrastination. Participants in this study were 108 college students of Faculty X at one of the State Universities in Malang who were taking skripsi and were in semester 10 or more. The measuring instrument used was an emotional understanding and management test (TPPE), academic self-efficacy scale, and academic procrastination scale. This study uses path analysis to see the effects of mediation. The results of this study found that academic self-efficacy can mediate emotional intelligence with academic procrastination partially with p-value 0,005 (p<0,05). Mediation that occurs is called partial because there is a direct effect of emotional intelligence on academic procrastination with an R Square value 0.126, which means the emotional intelligence variable is able to explain directly the variable of academic procrastination of 12,6%. This study also found that academic procrastination was more practiced by men than by women.

Kata Kunci : Kecerdasan Emosi, Efikasi Diri Akademik, Prokrastinasi Akademik

  1. S2-2019-403962-abstract.pdf  
  2. S2-2019-403962-bibliography.pdf  
  3. S2-2019-403962-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2019-403962-title.pdf