Laporkan Masalah

PENERAPAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL DALAM MEMPREDIKSI NIAT MENGGUNAKAN PRODUK BIMBINGAN BELAJAR ONLINE

ANGIESTYA PINEKESTI, Iin Mayasari, Dr., M.M., MSi

2019 | Tesis | MAGISTER MANAJEMEN (KAMPUS JAKARTA)

Penelitian ini memiliki tujuan untuk menguji pengaruh persepsi kualitas, persepsi kemanfaatan, persepsi kesenangan, dan persepsi kemudahan penggunaan pada niat individu dalam menggunakan produk bimbingan belajar online. Kerangka yang digunakan adalah teori TAM yang dimodifikasi. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan desain deskriptif. Pengumpulan data dalam penelitian kali ini dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner. Penelitian terdiri atas 200 responden. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah nonprobability sampling dengan menggunakan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan Stuctural Equation Model (SEM). Hasil penelitian menunjukan bahwa persepsi kualitas memiliki pengaruh positif pada persepsi kemanfaatan, persepsi kemanfaatan berpengaruh positif pada sikap penggunaan, persepsi kemanfaatan tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap niat penggunaan persepsi kesenangan berpengaruh positif pada persepsi kemudahan penggunaan, persepsi kemudahan penggunaan berpengaruh positif pada sikap penggunaan. sikap penggunaan dan niat penggunaan memiliki pengaruh signifikan.

The purpose of the research is to examine the effect of perceived quality, perceived usefulness, perceived enjoyment, and perceived ease of use to individuals intention in using online tutoring products. A conceptual framework based on the Technology Acceptance Model (TAM) was modified. Research design in this research was using the descriptive design. The data in this research was gathered using questionnaire. The sample of this research consisted of 200 respondents. The data in this research was gathered using nonprobability sampling and purposive sampling technique. Structural Equation Modeling (SEM) was carried out to examine the predictive behavior of the proposed factors of the research model. The results show that perceived quality have a positive effect on perceived usefulness, perceived usefulness have a positive effect on attitude of use, perceived usefulness did not have a significant effect on intention to use pleasure perception had a positive effect on perceived ease of use, perceived ease of use have a positive effect on attitude of use, and attitudes towards online tutoring products to predict their behavioral intention to use online tutoring products was also confirmed.

Kata Kunci : TAM, persepsi kualitas, persepsi kemanfaatan, persepsi kesenangan, persepsi kemudahan penggunaan, sikap, niat, bimbingan belajar online

  1. S2-2019-421854-abstract.pdf  
  2. S2-2019-421854-bibliography.pdf  
  3. S2-2019-421854-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2019-421854-title.pdf