Laporkan Masalah

PENGARUH PEMBERIAN UMPAN BALIK GURU TERHADAP MOTIVASI MEMBACA SISWA SEKOLAH DASAR

WIDYA PUTRI YULIA, Ammik Kisriyani, S.Psi.,M.A.

2019 | Skripsi | S1 PSIKOLOGI

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pemberian umpan balik guru setelah kegiatan 15 menit membaca sebelum pelajaran dimulai terhadap motivasi membaca siswa SD kelas IV. Penelitian ini menggunakan metode pre-eksperimental dengan bentuk one group pretest post-test. Instrumen yang digunakan yaitu Skala Motivasi Membaca dan Modul Umpan Balik Guru (UBG). Subjek dalam penelitian ini berjumlah 70 orang dengan karakteristik siswa kelas IV SD usia 9-11 tahun serta telah lancar membaca. Selain itu, Subjek juga sudah mendapat program 15 menit membaca sebelum pelajaran dimulai. Hasil Uji Hipotesis menunjukkan bahwa umpan balik guru memiliki pengaruh yang sangat signifikan dalam meningkatkan motivasi membaca siswa (t=-8,982; p=0,00, p<0,05) dan memiliki sumbangan efektif sebesar 50,2%. Oleh karena itu, di setiap kegiatan 15 menit membaca sebelum pelajaran dimulai guru diharapkan untuk memberikan umpan balik agar motivasi membaca siswa dapat lebih meningkat.

This study aims to determine whether there is an effect of giving teacher feedback after the 15-minute reading before the lesson begins on the reading motivation of elementary school students in grade IV. This study uses an pre-experimental method in the form of experimental one group pretest post-test. The instruments used in this study is the Reading Motivation Scale and Teacher's Feedback Module (Modul UBG). The subjects in this study are 70 students with the characteristics of grade IV elementary school aged 9-11 years and have been fluent in reading. In addition, the subjects also had a 15-minute reading program before the lesson began. This study shows that teacher's feedback has a very significant effect in increasing students' reading motivation (t=-8,928; p=0,00; p<0.05)and has an effective contribution of 50.2%. Therefore,The teacher's feedback is suggested to be one of altenatives for increasing student's motivation in reading.

Kata Kunci : motivasi membaca, umpan balik guru, kegiatan membaca 15 menit

  1. S1-2019-383705-abstract.pdf  
  2. S1-2019-383705-bibliography.pdf  
  3. S1-2019-383705-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2019-383705-title.pdf