MENINGKATKAN PERSENTASE DELIVERY DI POS 16, JALUR CHASSIS DUA PT ASTRA DAIHATSU MOTOR
ANGGER BINUKO, Ir. Bambang Suharnadi, M.T.
2019 | Tugas Akhir | D3 TEKNIK MESINSalah satu departemen pada PT. Astra Daihatsu Motor adalah Quality Improvment Department di Divisi Assembly Unit Satu. Yang mana Quality Improvement Department memiliki tanggung jawab untuk malakukan improvement atau perbaikan berada di dalam perusahaan. Quality Improvement menjamin kenyamanan pekerja dalam melakukan pekerjaan dengan terus berinovasi membuat implementasi yang memudahkan pekerjaan. Yang berdampak pada tercapainya target produksi perusahaan. Dalam penelitian "Meningkatkan Persentase Delivery di Jalur Chassis Dua di PT. Astra Daihatsu Motor". Delivery yang di perbaiki terfokus pada faktor effisiensi yang hanya mencapai 95%, masih dibawah target yaitu 97%. Masalah tersebut juga berdampak pada keryawan yang bekerja di pos 16. Dampak yang terjadi adalah naiknya penderita hernia. Solusi penanggulangannya berupa pembuatan alat bantu lifter dan installation tire dengan menggunakan dua pneumatic. Dua pneumatic tersebut berfungsi sebagai pneumatic cekam dan angkat. Alat tersebut sudah diuji dengan simulasi pembebanan analysis static yang memperoleh salah satu hasil untuk type displacement maksimal 0,2932 mm. Jika dibandingkan dengan kondisi aktual sebelum pelaksanaan penanggulangan adalah 95% terhadap target, maka setelah melaksanakan penanggulangan dapat menaikkan kapasitas produksi menjadi 98,57%. Dari hasil penanggulangan yang telah dilakukan ternyata aplikasi metode QCC (Quality Control Cyrcle) dalam menanggapi permasalahan yang ada di industri sangat cocok sekali digunakan untuk menanggulangi permasalahan
One of the departments of PT. Astra Daihatsu Motor is the Quality Improvement Department in the Assembly Unit. The Quality Improvement Department has the improvement responsibility it is within the company. The Quality Improvement guarantees the convenience of workers in doing the job by continuously innovating to make an implementation that facilitates the job. Which impacts the achievement of the company's production target. The Increase Delivery percentage in Chassis Two Line at PT. Astra Daihatsu Motor is the main objective. Delivery in the fix focused on the efficiency factor that only reaches 95% it still below the target of 97%. The problem also affected the Keryawan who worked in post 16. The impact is the rise of the hernia sufferer. The preparation solution is the manufacture of lifter and installation tire tools using two pneumatic. The two pneumatic functions as pneumatic and lift. The tool has been tested with the simulation of loading of analysis static which obtained one of the results for the type displacement maximum 0,2932 mm. The comparision of the actual condition before and after the implementation of countermeasures is 95% against the target. The countermeasures can increase the production capacity to 98.57%. From the response that has been done, the application of QCC (Quality Control Circle) method in responding to problems in the industry is very suitable to be used to overcome the problems
Kata Kunci : Quality Improvement, Lifter and Installation Tire, Stress Analysis, Pneumatic, and QCC (Quality Control Circle)