Laporkan Masalah

ANALISIS STUDI KELAYAKAN KERJASAMA PROGRAM ZERO COST PARTNERSHIP INFLIGHT ENTERTAIMENT SERVICE: PENDEKATAN KUANTITATIF DAN PENDEKATAN KESESUAIAN KOGNITIF PENGAMBIL KEPUTUSAN

ARIA IMAM AMBARA, Dr. Sumiyana, Ak., C.A., M.S

2019 | Tesis | MAGISTER MANAJEMEN (KAMPUS JAKARTA)

Dalam melaksanakan sebuah proyek, umumnya Perusahaan akan dihadapkan dengan resiko yang kemungkinan disebabkan oleh proyek tersebut. Resiko merupakan interpretasi dari suatu ketidakpastian di masa yang akan datang. Untuk itu diperlukan adanya studi kelayakan terhadap suatu proyek dengan melihat skema bisnis melalui pendekatan kuantitatif dan kognitif dalam pengambilan keputusan demi memberikan gambaran dampak yang mungkin disebabkan oleh pelaksanaan proyek. Studi ini bertujuan untuk melihat apakah investasi yang hendak dilakukan PT. Garuda Indonesia (Persero) Tbk dalam Project Zero Cost Partnership Inflight Entertainment Service secara skema bisnis layak untuk dijalankan dan menciptakan revenue generator yang baru bagi Perusahaan. Melalui perhitungan secara kuantitatif, proyeksi finansial dihitung menggunakan metode Capital Budgeting. Data-data sekunder yang diperoleh kemudian diolah untuk menghasilkan Payback Period, Net Present Value, Internal Rate of Return dan Profitability Index. Uji sensitivitas memampukan peniliti untuk mengidentifikasi perubahan kondisi yang akan memengaruhi keberlangsungan proyek serta alanisis parameter kognitif terhadap pengambilan keputusan diharapkan dapat membantu pengambil keputusan dalam Perusahaan untuk menentukan keputusan terbaik dalam pelaksanaan Project Zero Cost Partnership Inflight Entertainment Service.

In the implementation of a project, a company in general is faced with risks that possibly caused by the project itself. Risk itself is an interpretation of an uncertainty in the future. Therefore, there is a need to do a feasibility study of the project monitored from business scheme, through a quantitative and cognitive approach in decision making to give an overview of impact that might be caused by implementation of the project. The objectives of this research are to see whether the investment that PT. Garuda Indonesia (Persero Tbk) made in Zero Cost Partnership Inflight Entertainment Service Project is feasible to run and bring the new revenue generator to the company. Through quantitative calculations, financial projections can be calculated through Capital Budgeting method. Secondary data obtained and processed to generate the value of the Payback Period, Net Present Value, Internal Rate of Return, and Profitability Index. Sensitivity analysis enabled the researcher to identify changes in conditions that will affect the project and analysis of cognitive parameters in decision making expected to help decision makers to make the best decision in the implementation of Zero Cost Partnership Inflight Entertainment Service Project.

Kata Kunci : studi kelayakan, capital budgeting, pengambilan keputusan, investasi, inflight entertainment service

  1. S2-2019-417384-abstract.pdf  
  2. S2-2019-417384-bibliography.pdf  
  3. S2-2019-417384-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2019-417384-title.pdf