PERUMUSAN STRATEGI BISNIS PADA LEMBAGA PEMBIAYAAN PEMBANGUNAN: STUDI PADA PT XYZ (PERSERO)
ASEP YUSUP MAMUN, Rusdi Akbar, M.Sc., Ph.D., CMA., Ak., CA
2019 | Tesis | MAGISTER MANAJEMEN (KAMPUS JAKARTA)Penelitian ini bertujuan untuk menyusun strategi bisnis yang dapat diimplementasikan oleh PT XYZ (Persero) yang berperan sebagai Lembaga Pembiayaan Pembangunan atau Development Financial Institutiom (DFI) Indonesia. Pertanyaan yang diajukan pada penelitian ini adalah (1) Mengapa dibutuhkan sebuah lembaga pembiayaan pembangunan di Indonesia dan mengapa PT XYZ dianggap sebagai institusi yang tepat untuk dikembangkan menjadi DFI Indonesia?, (2) Apakah faktor internal dan faktor eksternal yang dapat berpengaruh terhadap aktivitas PT XYZ dalam menjalankan perannya sebagai lembaga keuangan pembangunan milik negara di Indonesia?, dan (3) Bagaimana merumuskan strategi bisnis yang dapat diimplementasikan oleh PT XYZ sebagai DFI Indonesia?. Penelitian ini dilakukan pada 11 narasumber yang berasal dari karyawan dan Direksi PT XYZ (Persero). Metoda penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif dan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan data sekunder berupa dokumen dari internal maupun eksternal perusahaan. Hasil analisis faktor-faktor internal dan eksternal menunjukkan bahwa PT XYZ berada pada kuadran I dalam diagram analisis SWOT atau S-O strategy pada matriks TOWS yaitu strategi agresif dimana menunjukkan keadaan yang sangat menguntungkan karena dalam menjalankan mandat pembangunan dan dengan visi barunya tersebut PT XYZ memiliki peluang dan kekuatan sehingga dapat memanfaatkan peluang yang ada termasuk menerapkan strategi intensif yaitu penetrasi pasar, pengembangan pasar dan pengembangan produk. PT XYZ dapat menggunakan lima inisiatif strategis (strategic initiatives) yaitu inovasi produk yang dibutuhkan untuk pembangunan, meningkatkan layanan pengembangan proyek dan jasa konsultasi serta asuransi, penguatan kerjasama strategis (strategic partnership) dan perannya sebagai sustainability promoter dan pengelolaan dana perwalian (trust fund) dari dana-dana hibah dan donor, meningkatkan kegiatan capacity building untuk pihak terkait proyek serta membangun Knowledge Management Center, serta menjadi enabler dalam ekosistem kebijakan dan regulasi.
This study aims to formulate a business strategy that can be implemented by PT XYZ (Persero) which serves as a Development Financial Institution (DFI) in Indonesia. The questions raised in this study consist of: (1) Why a Development F inancial Institution is needed in Indonesia and why PT XYZ is considered as the right institution to be developed into DFI Indonesia?, (2) What are the internal factors and external factors can influence the activity of PT XYZ in carrying out its role of Indonesia’s state-owned development financial institution, and (3) How to formulate a business strategy that can be implemented by PT XYZ as DFI Indonesia?. In order to answer those questions, this research was conducted by 11 indepth interviews came from employees and Directors of PT XYZ (Persero). This study used qualitative research with descriptive research and case study approaches. With the data collection done through the interviews (in-depth interviews), observations and secondary data came from internal and external companies. The results of internal and external factors analysis show that PT XYZ is in the Quadrant I on SWOT analysis diagram or S-O strategy on TOWS matrix, which is an aggressive strategy where the situation is very profitable because in carrying out the development mandate and with the new vision, PT XYZ has opportunities and strengths so as to take advantage of existing opportunities including implementing intensive strategies which are market penetration, market development and product development. PT XYZ can use 5 strategic initiatives, namely: (1) product innovation needed for development, (2) improving project development and consulting also insurance services, (3) strengthening strategic cooperation and its role as a sustainability promoter and trust fund management of the grants and donors fund, (4) increasing capacity building activities for the project related parties and building Knowledge Management Center, (5) and becoming enabler in policies and regulations ecosystem.
Kata Kunci : Development Financial Institution, Internal factors, External Factors, Business Strategy.