Laporkan Masalah

THE ROLE OF E-COMMERCE IN THE FRUIT AND VEGETABLE SUPPLY CHAIN MANAGEMENT, A CASE STUDY OF FRUITSAPP S.R.L

YUNITA DWI KURNIA P, Tarsisius Hani Handoko, M.B.A., Ph.D.

2019 | Tesis | Magister Manajemen

Penelitian ini dilaksanakan di perusahaan applikasi FruitsApp SRL di Valencia, Spanyol. FruitsApp merupakan perusahan perantara bisnis ke bisnis yang fokus ke perdagangan buah dan sayur secara daring dengan cara yang lebih cepat dan mudah. Sektor ini masih melakukan perdagangan secara tradisional yaitu menggunakan telepon dan email, yang mana mencakup banyak anggota rantai pasok yang menyebabkan harga menjadi mahal dan lambat. Fruitsapp hadir untuk membantu mengurangi total biaya dan ingin menjadi saluran utama di sector ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis peran perdagangan elektronik, terutama FruitsApp dalam proses manajemen rantai pasok. Penelitian ini akan membantu perusahaan untuk memahami perilaku pengguna terhadap applikasi fruitsapp. Penelitian ini mencoba menjawab sejauh mana kontribusi perusahaan Fruitsapp dalam manajemen rantai pasok,khususnya di sektor buah dan sayuran. Studi ini didasarkan pada pengalaman penulis selama 6 bulan magang di perusahaan tersebut sebagai bagian dari tim pengembangan bisnis. Informasi yang didapatkan berasal dari pengamatan langsung di perusahaan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian modifikasi dari penulis Teck Yok (2004), kerangka dan juga atribut penelitian berasal dari penelitian tersebut, sehingga triangulasi digunakan sebagai desain penelitian, triangulasi merupakan metode kombinasi dari kualitatif and kuantitatif , dan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner daring ke email pengguna dan metode analisis data yang digunakan adalah tabulasi silang dan perhitungan skor POMP. Hasil penelitian menunjukan bahwa peran FruitsApp dalam manajemen rantai pasokan lebih kepada fungsi layanan berbasis transaksi daripada layanan berbasis servis strategis, ini ditunjukan oleh presentasi atribut yang lebih tinggi dalam layanan rantai pasokan berbasis transaksi. Fungsi layanan ini melibatkan atribut pertukaran informasi yang efektif, pengurangan waktu, medapatkan sumber secara global dan lebih dinamis, peningkatan informasi dan peningkatan layanan terhadap konsumen. Studi ini juga menyatakan bahwa pengguna FruitsApp menggunakan fitur seperti pengenalan produk, pembelian di katalog, pencarian pembeli dan penjual di dalam applikasi. Penelitian menunjukan bahwa menerapkan hubungan kemitraan akan meningkatkan efektivitas proses manajemen rantai pasok. Penelitian lebih lanjut diharapkan dapat mengekplorasi tentang strategi hubungan bisnis yang sesuai dengan perusahaan FruitsApp.

The research is conducted in Fruitsapp S.R.L Company in Valencia, Spain. Fruitsapp is an Intermediary B2B e-commerce which focus on trading fruit and vegetable online in faster and easier way. The sector, particularly is still doing a trade traditionally (phone calls and email) which includes a lot supply chain member channel that cause in the slow and very competitive price process, so FruitsApp exists to help reduce cost and become a main channel in the sector. The aim of this research is to analyze the role of e-commerce company, particularly FruitsApp S.R.L in supply chain management process. The research will help the company to perceive user behavior toward FruitsApp. The study attempts to answer: to what extend the contribution of FruitsApp and its e-business tools in the supply chain management, specifically in fruit and vegetable sector. The study is based on the experience of 6 months of internship in FruitsApp as business development assistant. In the theoretical part of the thesis will discuss about Fresh Goods B2B e-commerce, Supply chain management concept and the literature of B2B e-commerce application in the supply chain management. The Information was collected from Electronic Journal, Book, E-book related to the field of the study. The resource comes from the survey and the direct observation in the company as well. It is a modified research of Tae Yock (2004), the supply chain framework and the attributes are coming from the previous research, so in empirical section part of the thesis, triangulation is used as research design, it is a combination of both qualitative and quantitative methods, and the collection data method is using web survey to user email and Cross tabulation (Pivot table) and POMP score are used as data analyze method. The result showed that the role of e-commerce (FruitsApp) in the supply chain management is more on transaction-based supply chain service rather than strategic supply chain service, it is shown by the higher percentage of attributes in the transaction-based supply chain service. It is involving the efficient exchange of Information, Reduced time, Dynamic and global sourcing, improve customer information and improving service level. The study also stated that users of FruitsApp are using product introduction, purchase on catalogue, message and buyer and seller search tools the most inside the platform. The research indicated that applying a business relationship or partnership will enhance the effectiveness of supply chain management process. Due to the limitation of time in this study, further research is needed to explore more on the business relationship strategy that fits in FruitsApp.

Kata Kunci : B2B E-Commerce, Supply Chain Management, E-Business Tools

  1. S2-2019-417337-abstract.pdf  
  2. S2-2019-417337-bibliography.pdf  
  3. S2-2019-417337-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2019-417337-title.pdf