Laporkan Masalah

Desain dan Implementasi Sistem Manajemen Pengetahuan Bencana Berbasis Web pada Kantor Pencarian dan Pertolongan Pekanbaru

JOHAN SAPUTRA EDON, Prof. Teuku Faisal Fathani, S.T., M.T., Ph.D.;Dr. Estuning Tyas Wulan Mei, M.Si.

2019 | Tesis | MAGISTER MANAJEMEN BENCANA

Pengetahuan adalah bagian yang penting dalam pelaksanaan kegiatan pencarian dan pertolongan (SAR) serta menjadi aset berharga bagi Kantor Pencarian dan Pertolongan Pekanbaru. Pengetahuan yang dikelola dengan baik akan memberikan kemudahan bagi Kantor Pencarian dan Pertolongan Pekanbaru untuk menggunakannya dalam kondisi tidak ada bencana atau kondisi bencana. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat kesiapan penerapan manajemen pengetahuan bencana di Kantor Pencarian dan Pertolongan Pekanbaru, menganalisis penciptaan pengetahuan bencana, serta menawarkan desain sistem manajemen pengetahuan bencana yang dapat digunakan oleh Kantor Pencarian dan Pertolongan Pekanbaru untuk menangkap pengetahuan bencana, menyimpan dan membagikannya kepada pengguna sistem. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan teknik sensus. Responden penelitian adalah seluruh petugas pencarian dan pertolongan yang terlibat dalam kegiatan siaga di Kantor Pencarian dan Pertolongan Pekanbaru. Desain sistem manajemen pengetahuan bencana yang diusulkan terdiri dari desain fungsional sistem, desain arsitektur sistem, desain tabel, dan desain antarmuka sistem. Kesiapan manajemen pengetahuan bencana di Kantor Pencarian dan Pertolongan Pekanbaru berada pada level ready yang berarti bahwa Kantor Pencarian dan Pertolongan Pekanbaru siap menerapkan manajemen pengetahuan bencana. Penciptaan pengetahuan bencana melalui proses sosialisasi, eksternalisasi, kombinasi, dan internalisasi menghasilkan tingkat yang beragam. Fitur sistem manajemen pengetahuan bencana yang dapat dipergunakan yaitu statistik, forum diskusi, perpustakaan, dokumentasi pengetahuan, unduh/unggah pengetahuan, detail bencana, dan dokumentasi kantor.

Knowledge was an important part of search and rescue (SAR) implementation as well as a valuable asset for Search and Rescue Office Pekanbaru. Well-managed knowledge offered convenience to Search and Rescue Office Pekanbaru in both conditions of no disaster and emergency responses. This study aimed to estimate the level of disaster knowledge management readiness at Search and Rescue Office Pekanbaru. The second purpose of this research was to analyze the creation of disaster knowledge toward search and rescue officers. Furthermore, the system designed for disaster knowledge management offered which was able to be applied by Search and Rescue Office Pekanbaru for capturing, storing, and sharing to the system users. The methods being applied were census quantitative research. The respondents collected from all search and rescue officers who involved in emergency response. System design of disaster knowledge management proposed four types of design, namely: functional system, architectural system, table, and interface system. The measurement result of disaster knowledge management readiness was on a ready level which meant the officers were prepared to implement knowledge management in case of managing disaster knowledge. The creation of disaster knowledge through socialization, externalization, combination, and internalization resulted in the diverse stages. Moreover, the features of disaster knowledge management system being applied were a statistic, discussion forum, repository, knowledge documentation, download/upload knowledge item, disaster information, and office documentation.

Kata Kunci : Pengetahuan,Penciptaan Pengetahuan,Kesiapan Manajemen Pengetahuan,Pencarian dan Pertolongan (SAR)

  1. S2-2019-420158-abstract.pdf  
  2. S2-2019-420158-bibliography.pdf  
  3. S2-2019-420158-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2019-420158-title.pdf