FORMULASI MISI, VISI, DAN SASARAN STRATEGIS PT MULTIDAYA LOKASAKTI MANDIRI TAHUN 2018-2028
SHENDA APRILIA C, Rangga Almahendra, Dr.,S.T.,M.M
2019 | Tesis | Magister ManajemenMisi dan visi menjadi aspek penting untuk menjadi perhatian oleh setiap organisasi bisnis. Misi dan visi akan mengarahkan organisasi bisnis untuk mencapai tujuan yang ingin dicapai. Penelitian ini bertujuan untuk menformulasikan misi, visi, dan sasaran strategis dari PT Multidaya Lokasakti Mandiri untuk sepuluh tahun kedepan melihat perusahaan ini sedang dalam proses berkembang sejak berdiri di tahun 2013. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif dengan menggunakan data primer yang didapat melalui wawancara secara langsung dengan pihak pemilik dan tim manajemen dari perusahaan dan menggunakan pertanyaan-pertanyaan yang telah disusun sebelumnya. Selain itu, penelitian ini juga menggunakan data sekunder untuk melakukan analisis eksternal agar peneliti dapat memiliki pemahaman lebih mendalam tentang pengaruh yang dialami oleh perusahaan dari faktor-faktor eksternal. Setelah mendapatkan data primer dan data sekunder dari pihak perusahaan, selanjutnya melakukan pemetaan gabungan dari framework perumusan misi dan visi milik Collin dan Porras (1996) serta Campbell dan Yeoung (1991). Proses ini menggunakan tahapan perumusan misi dan visi milik Srinivasan (2014) sebagai tahapan atau alur dari proses yang dilakukan dalam memformulasikan misi, visi, dan sasaran strategis PT Multidaya Lokasakti Mandiri. Setelah melakukan pemetaan terhadap komponen-komponen pembentuk misi dan visi, penulis melakukan Focus Group Discussion (FGD) dengan pihak pemilik untuk menyampaikan hasil temuan dan usulan misi dan visi agar bisa di interpretasi oleh pihak pemilik. Proses ini menggunakan model intervensi consulting sehingga proses interpretasi dilakukan oleh pemilik. Dalam proses FGD pemilik memberikan masukan dan pendapat terkait usulan misi dan visi yang disampaikan oleh peneliti. Masukan yang diberikan oleh pihak pemilik dan tim manajemen didiskusikan selama FGD berlangsung untuk memformulasikan misi dan visi yang tepat bagi PT Multidaya Lokasakti Mandiri. Kemudian, berdasarkan dari hasil diskusi pada saat FGD, selanjutnya memformulasikan sasaran strategis yang akan membantu pihak pemilik dalam mencapai misi dan visi PT Multidaya Lokasakti Mandiri. Hasil formulasi misi yang disepakati oleh pihak pemilik yaitu pertama, memberikan pelayanan terbaik dan professional, meningkatkan kualitas sumber daya manusia secara berkelanjutan agar tercapai efektivitas dan efisiensi, memberikan pilihan produk terbaik. Pada hasil perumusan visi disepakati menjadi Perusahaan Pemasangan Instalasi Penyalur Petir Terbaik Dan Terpercaya Di Indonesia Tahun 2028. Kemudian untuk mencapai misi dan visi tersebut, terdapat sasaran strategis yaitu tahun 2025 perusahaan memiliki produk penyalur petir sistem konvensional yang mutakhir, memiliki tenaga kerja dengan sertifikat tenaga kerja konstruksi dan sertifikat kompetensi di Tahun 2024 sebesar 50% dari jumlah tenaga kerja yang ada, tahun 2028 memiliki kantor pemasaran di tiga provinsi yaitu Jawa Tengah, Kalimantan Tengah, dan Bali, bekerjasama dengan Accurate Indonesia untuk software akuntansi tahun 2020 dan mengembangkan struktur organisasi baru tahun 2020.
Mission and vision are important aspects to be considered in every business organization. Mission and vision will point to business organization to achieve the goals. This study aims to formulate the mission, vision, and strategic objectives of PT Multidaya Lokasakti Mandiri for ten years later to see this company in developing process which established in 2013. This study used a qualitative research design using primary data obtained by direct interviews , the owner and the management team, and used questions that have been prepared previously. In addition, this study also used secondary data to conduct external analysis so that researcher could have a deeper understanding of the influence experienced by the company from external factors. After collecting primary data and secondary data, the researcher executed a joint mapping of the vision and mission formulation framework by Collin and Porras (1996) and Campbell and Yeoung (1991). This process used the stages of the vision and mission formulation of Srinivasan (2014) as the stages or flow of the process implemented in formulating the vision, mission, and strategic objectives of PT Multidaya Lokasakti Mandiri. After mapping the components forming the vision and mission, the author conducted a Focus Group Discussion (FGD) with the owner to convey the findings and proposals of the mission and vision so that the owner could interpret them. This process uses a consulting intervention model so that the interpretation process is undertaken by the owner. In the FGD process the owner provides input and opinions regarding the proposed mission and vision conveyed by the researcher. The owner and management team who gave counsel were discussed during the FGD to formulate the right mission and vision for PT Multidaya Lokasakti Mandiri. Accordingly, based on the discussion results the FGD immediately, then formulating strategic objectives that will help the owner in achieving the mission and vision of PT Multidaya Lokasakti Mandiri. The results of the mission formulation approved by the owner, providing the best and professional services, improving the quality of human resources in a sustainable manner so that it can achieve effectiveness and efficiency, increasing the choice of the best products. The results of the vision formulation are approved to be the Best and Most Reliable Lightning Installation Company Indonesia in 2028. Subsequently, achieving the vision and mission, there are strategic goals, such as the company has the latest conventional lightning system product distributor in 2025, has a workforce with a construction workforce certificate and a competency workforce certificate in 2024 is 50% of the existing workforce. It has marketing offices in three provinces such as Central Java, Central Kalimantan , and Bali in 2028 which collaborate with Accurate Indonesia for accounting software in 2020, and develop a new organizational structure in 2020.
Kata Kunci : Perumusan Misi dan Visi, Sasaran Strategis, Strategic Plan, Program (Key Initiative), Target (Key Performance Indicators)