Laporkan Masalah

EVALUASI PENGALAMAN PENGGUNA REMBUGAN JATENG DENGAN MENGGUNAKAN USER EXPERIENCE QUESTIONNAIRE DAN HEART RATE VARIABILITY

WAHID HASIM, Dr.Eng. Sunu Wibirama, S.T., M.Eng.;Hanung Adi Nugroho, S.T., M.E., Ph.D.

2019 | Tesis | MAGISTER TEKNIK ELEKTRO

E-participation mempunyai peran yang sangat strategis dalam pembangunan sebuah negara. Pembangunan bukan memposisikan masyarakat sebagai objek, tetapi masyarakat harus berperan aktif dalam semua rangkaian pembangunan. Pemerintah Provinsi Jawa Tengah telah membangun Government Resource Management System, yang di dalamnya ada Rembugan Jateng. Rembugan Jateng menjadi kanal masyarakat Jawa Tengah untuk menyampaikan usulan pembangunan. Namun demikian, belum banyak masyarakat yang menggunakan Rembugan Jateng. Evaluasi Rembugan Jateng versi 1.0 dilakukan dengan menyandingkan Rembugan Jateng desain baru dengan pendekatan User-Centred Design. Evaluasi yang dilakukan untuk mendapatkan nilai pengalaman pengguna Rembugan Jateng. Alat yang digunakan dalam evaluasi ini adalah UEQ dan HRV untuk memperoleh nilai indeks stres ketika menggunakan Rembugan Jateng. Berdasarkan hasil pengukuran HRV, diperoleh rerata angka indeks stres yang menurun pada Rembugan Jateng desain baru dibandingkan Rembugan Jateng versi 1.0 sebesar 3%. Pengukuran UEQ pada Rembugan Jateng desain baru menghasilkan pengalaman pengguna yang lebih tinggi dalam keenam aspek UEQ dibandingkan dengan Rembugan Jateng versi 1.0. Pada aspek ketertarikan, skor meningkat sebesar 9%. Peningkatan serupa dapat dilihat pada aspek kejelasan sebesar 34%, aspek efisiensi meningkat sebesar 27%, aspek ketepatan sebesar 2%, aspek stimulasi sebesar 5% dan aspek kebaruan mengingkat 59%. Ke depannya, semoga dengan peningkatan pengalaman pengguna Rembugan Jateng, akan meningkatkan jumlah warga masyarakat untuk mengusulkan usulan pembangunan di Jawa Tengah.

E-participation has a very strategic role in the development of a country. Development does not position the community as an object, but society must play an active role in all sets of development. The Jawa Tengah Provincial Government has built a Government Resource Management System, in which there is a Rembugan Jateng. Rembugan Jateng becomes the canal of the Central Java community to submit development proposals. However, not so many people have used Rembugan Jateng. To overcome this problem, evaluation of the Rembugan Jateng version 1.0 was carried out by juxtaposing the new design of Rembugan Jateng using the User-Centered Design approach. The evaluation was conducted to get the value of the user experience of the Rembugan Jateng. The tools used in this evaluation were User Experience Questionnaire (UEQ) and Heart Rate Variability (HRV) to obtain stress index values during using accessing Rembugan Jateng. Based on the results of HRV measurements, we observed that the mean of stress index decreases in the new design Rembugan Jateng compared with the Rembugan Jateng version 1.0 by 3%. The UEQ scores of the new design of Rembugan Jateng are higher in the six aspects of UEQ compared with the Rembugan Jateng version 1.0. In the aspect of attractiveness, the score increases by 9%. Similar improvement can be seen in the aspects of perspicuity by 34%, aspects of efficiency increased by 27%, aspects of dependability by 2%, aspects of stimulation by 5% and aspects of novelty by 59%. In future, we expect that an increase in user experience scores will increase the number of community proposal for development in Central Java.

Kata Kunci : e-participation, pengalaman pengguna, User-Centred Design, UEQ, HRV

  1. S2-2019-404600-abstract.pdf  
  2. S2-2019-404600-bibliography.pdf  
  3. S2-2019-404600-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2019-404600-title.pdf