Pengaruh Meme Politik dalam Media Sosial Instagram Terhadap Partisipasi Politik Pemilih Pemula di Daerah Istimewa Yogyakarta
MUTHIA PENI TAQWANINGTYAS, Drs. Bambang Purwoko, M.A
2019 | Skripsi | S1 POLITIK DAN PEMERINTAHANPenelitian ini difokuskan untuk mengetahui pengaruh meme politik terhadap partisipasi politik generasi muda pemilih pemula. Hal ini merupakan suatu hal yang sangat penting karena partisipasi politik warga negara merupakan suatu keharusan dalam kehidupan berdemokrasi suatu negara. Meme politik dalam penelitian ini adalah sebuah konten yang bisa berupa gambar lucu, video, atau teks singkat yang terbalut oleh muatan politik yang dengan cepat mereplikasi dirinya melalui jejaring sosial. Sedangkan partisipasi politik pemilih pemula dalam penelitian ini secara sempit diartikan sebagai keikutsertaan secara sukarela pemilih pemula dalam penyelenggaraan pemilu. Responden dalam penelitian ini adalah generasi muda pengguna Instagram yang masih tergabung dalam kelompok pemilih pemula di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode survey menggunakan kuesioner tingkat konsumsi meme politik dan tingkat partisipasi politik. Dari 100 buah kuesioner yang disebar, 100 kuesioner dikembalikan, dan 100 kuesioner yang dapat diolah. Data yang dikumpulkan diolah dan dianalisis menggunakan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meme politik secara signifikan berpengaruh positif terhadap partisipasi politik pemilih pemula, dengan nilai t sebesar 7,659 dan signifikansi 0,000 (0,05). Uji determinasi menunjukkan bahwa variabel meme politik memberikan pengaruh sebesar 37.4% terhadap partisipasi politik, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain.
This research is focused on knowing the influence of political memes on the political participation of young voters. This is important because citizens' political participation is a necessity in the democratic life of a country. The political memes in this study are the form of macro images, videos or short texts with funny caption that are wrapped up in political content that is rapidly replicating itself through social media. While the beginner voter political participation in this study is narrowly interpreted as voluntary participation of novice voters in the elections. Respondents in this study were the young generation of Instagram users who were still members of a beginner voter group in the Special Region of Yogyakarta. The study was conducted using a survey method using questionnaires on the level of consumption of political memes and the level of political participation. Of the 100 questionnaires distributed, 100 questionnaires were returned, and 100 questionnaires could be processed. The collected data is processed and analyzed using regression analysis. The results showed that political memes significantly influence the political participation of beginner voters, with a t value of 7,659 and a significance of 0.000 (0.05). Determination test shows that political memes have an influence of 37.4% on political participation, while the rest are influenced by other factors.
Kata Kunci : Meme Politik, Partisipasi Politik, Pemilih Pemula