Laporkan Masalah

PEMBUATAN STANDARD OPERATING PROCEDURE (SOP) PENGAMBILAN SCRAP UNTUK MENGURANGI JUMLAH REJECT PRODUK TORTILLA PADA STASIUN OVEN DI PT DUA KELINCI, PATI, JAWA TENGAH

RUKMINI, Diklusari Isnarosi Norsita, S.T.P,M.Si.

2019 | Tugas Akhir | D3 AGROINDUSTRI

PT Dua Kelinci merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang penyedia makanan terkemuka di Indonesia. Produk perusahaan ini terkenal dengan merek Dua Kelinci, beralamat di Jl. Raya Pati-Kudus. No. Km. 6,3, Lumpur, Bumirejo, Margorejo, Kabupaten Pati, jawa Tengah. Kegiatan magang dilakukan di pabrik Krip Tortilla bagian Quality Control. QC bertugas mempertahankan konsistensi produk dari bahan baku awal hingga produk jadi. Selama magang, mahasiswa diberikan tugas untuk mengecek kadar air, suhu, masa jenis, dan pengecekan secara visual. Permasalahan yang akan diselesaikan melalui magang yaitu berkaitan dengan zero defect, dimana masih terdapat banyak scrap reject yang dihasilkan pada stasiun oven di PT Dua Kelinci pabrik Tortilla. Scrap di pabrik tortilla biasa disebut sebagai afal atau afval, afval dalam Bahasa Belanda artinya rontokan atau guguran. Setiap harinya scrap yang dihasilkan rata-rata berjumlah 20 kg atau 400-600 kg perbulan. Solusi untuk mengatasi masalah dari banyaknya scrap yang dihasilkan yaitu dengan mengambil scrap setiap 10 menit sekali untuk menghindari adanya scrap yang mengering dan tidak dapat digunakan kembali. Pembuatan SOP pengambilan scrap setiap 10 menit sekali bertujuan untuk mempermudah pengambilan reject oven, dapat menurunkan jumlah scrap dan meminimalisir kesalahan pemilahan reject oven dari setiap pekerja.

PT Dua Kelinci is one of the top food supplier companies in indonesia. The product of this company is well known with their trademark as Dua Kelinci, located on Jl. Raya Pati-Kudus, No. Km 6,3, Lumpur, Bumirejo, Margorejo, Pati Regency, Central Java. During internship, the author was positioned in Quality Control Departemen at Krip Tortilla Factory. The QC responsibility are maintaining products consistency from raw material until the end product. During intership, students were assigned to check the content of water, temperature, and density visually. The problem that will be resolved though the internship are related with zero defects, in which there are many scrap and reject produced from the oven station at Tortilla factory of PT Dua Kelinci. Scrap in Tortilla Factory are also called as afal or afval. In dutch, it means waste. The solution to solve the problem of is took the scrap every 10 minutes to avoid the existence of dried scrap and not reusable again was the solution for the amount of produced scrap. The aim of developing SOP collecting scrap every 10 minutes for collecting the scrap easier and expected to reduce the amount of reject oven and minimize the errors sorting of reject oven from each worker.

Kata Kunci : PT Dua Kelinci, Tortilla, Quality Control, Scrap, Reject, SOP

  1. D3-2019-396104-abstract.pdf  
  2. D3-2019-396104-bibliography.pdf  
  3. D3-2019-396104-tableofcontent.pdf  
  4. D3-2019-396104-title.pdf