Strategi Pengembangan Bisnis PT INKA (Persero) Dengan Menggunakan Analisis SWOT dan Metode Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM)
DICKY KURNIAWAN, RR. Fosa Sarassina, SE, MBA., Ph.D; Drs. Moh Halimi, M.M
2019 | Tugas Akhir | D3 MANAJEMENPT INKA (Persero) merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) manufaktur kereta api terintegrasi pertama di Asia Tenggara. Fokus PT INKA adalah menghasilkan produk yang berkualitas tinggi bagi pelanggan dengan menyediakan berbagai macam produk untuk memenuhi kebutuhan pelanggan serta after sales yang memastikan bahwa pelanggan menerima produk dengan kualitas terbaik. Di tengah persaingan yang ketat dengan perusahaan lain, perusahaan perlu mengetahui posisi untuk menentukan strategi yang tepat. Penelitian ini bertujuan merumuskan strategi yang tepat untuk pengembangan perusahaan dan mengidentifikasi prioritas strategi pengembangan perusahaan yang diperoleh dengan menganalisis SWOT dan menggunakan metode Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). Rangkaian analisis SWOT seperti matriks IFE dan EFE, diagram SWOT dan matriks TOWS serta matriks IE digunakan untuk menjawab tujuan pertama yaitu merumuskan strategi, sedangkan rangkaian analisis metode QSPM digunakan untuk menjawab tujuan kedua yaitu penentuan prioritas strategi. Variabel penelitian ini adalah faktor internal dan eksternal perusahaan dilihat dari keseluruhan aspek secara komprehensif. Hasil penelitian menyatakan bahwa strategi pengembangan PT INKA diketahui bahwa posisi PT INKA pada saat ini berada dalam posisi rata-rata dan strategi yang tepat digunakan adalah hold and maintain strategy atau strategi menjaga dan mempertahankan. Strategi yang telah disusun dengan rangkaian analisis SWOT kemudian akan ditentukan pemilihan prioritas strategi alternatif dengan metode QSPM, hasil prioritas strategi yang dapat diterapkan pada PT INKA adalah strategi penetrasi pasar dengan mengembangkan strategi pemasaran perusahaan, dukungan dari pemerintah berupa bantuan pemasaran dari duta besar/KBRI ke negara-negara yang menjadi target market PT INKA, kemudian meningkatkan kapasitas produksi. Kata kunci: Strategi, analisis SWOT, Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM)
PT INKA (Persero) is the first integrated state-owned enterprise (BUMN) in South East Asia. PT INKA's focus is to produce high-quality products for customers by providing a variety of products to meet customer needs and after sales that ensure customers receive the highest quality products. In the midst of intense competition with other companies, companies need to know the position to determine the right strategy. This study aims to formulate the right strategy for the development of the company and identify the priorities of the company's development strategy obtained by analyzing SWOT and using the Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM) method. A series of SWOT analyzes such as the IFE and EFE matrices, SWOT and TOWS matrices and IE matrices are used to answer the first goal, namely formulating a strategy, while the QSPM method analysis series is used to answer the second goal, namely strategy priority determination. The variables of this study are the internal and external factors of the company viewed from all aspects comprehensively. The results of the study state that PT INKA's development strategy is known that PT INKA's position is currently in an average position and the right strategy is to hold and maintain a strategy. The strategy that has been compiled with the SWOT analysis series will be determined by the alternative selection of alternative strategies with the QSPM method, the results of the priority strategies that can be applied to PT INKA are market penetration strategies by developing corporate marketing strategies, support from the government in the form of marketing assistance from ambassadors/Indonesian Embassy to countries that are the target market of PT INKA, then increase production capacity. Keywords: Strategy, SWOT analysis, Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM)
Kata Kunci : Strategi, analisis SWOT, Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM)