Analisis Faktor-Faktor yang Mendeterminasi Pentingnya Corporate Social Responsibility (CSR)
Nurul Imani, Sumiyana, Dr., M.Si., Ak., CA.
2019 | Skripsi | S1 AKUNTANSISalah satu faktor penting yang menunjang keberlanjutan perusahaan adalah dukungan dari masyarakat di lingkungan sekitar perusahaan. Akan tetapi, masih banyak terdapat perusahaan yang belum memahami dan melaksanakan kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) dengan baik. Penelitian ini menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi mahasiswa akuntansi terhadap pentingnya CSR. Persepsi mahasiswa akuntansi terhadap pentingnya CSR sangatlah penting karena mahasiswa akuntansi akan menjadi seorang akuntan yang akan terlibat dalam pelaporan dan transparansi kegiatan CSR perusahaan. Variabel independen dalam penelitian ini terdiri dari idealisme etika, relativisme etika, materialisme, dan religiositas. Penelitian dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 200 responden yang merupakan mahasiswa S1 dan S2 jurusan Akuntansi FEB UGM. Untuk mengetahui pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen, penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda (multiple linear regression). Dari analisis hasil pengujian, dapat disimpulkan bahwa idealisme etika berpengaruh positif, relativisme berpengaruh negatif, materialisme berpengaruh negatif, dan religiositas berpengaruh positif terhadap pentingnya CSR.
One of the most important factors that determine the company's sustainability is the support from the community around the company's environment. However, many companies do not understand and carry out the Corporate Social Responsibility (CSR) activities properly. This research analyzed factors that influence the perception of accounting students towards the importance of CSR. The perception of accounting students towards the importance of CSR is very essential because the accounting students will become an accountant which will soon be involved in the reporting and transparency of corporate CSR activities. The independent variables in this research consisted of the ethical idealism, ethical relativism, materialism, and religiosity. The research was conducted by distributing questionnaires to 200 respondents who are students of the undergraduate and postgraduate program in accounting major of FEB UGM. In order to determine the influence of independent variables on dependent variables, this research uses a multiple linear regression analysis. From the analysis that has been done, it can be concluded that the ethical idealism has a positive influence, ethical relativism has a negative influence, materialism has a negative influence, and religiosity has a positive influence on the importance of CSR.
Kata Kunci : idealisme etika, relativisme etika, materialisme, religiositas, Corporate Social Responsibility (CSR)