Laporkan Masalah

PENGGUNAAN AKUN INSTAGRAM @MAVINDO.ID SEBAGAI SOCIAL MEDIA MARKETING DI MAVINDO EVENT ORGANIZER

MUHAMMAD CHOIRUL U, Carlos Iban, S.S., M.Sc.

2019 | Tugas Akhir | D3 PARIWISATA

Mavindo Event Organizer merupakan perusahaan yang fokus bergerak di bidang industri MICE khususnya jasa event organizer. Perusahaan ini menerapkan social media marketing sebagai strategi pemasarannya. Media yang digunakan adalah media sosial Instagram. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penggunaan media sosial Instagram serta optimalisasi akun media sosial Instagram sebagai social media marketing di Mavindo Event Organizer. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi partisipatoris, wawancara mendalam, dan dokumentasi untuk mengumpulkan data primer. Studi pustaka dilakukan untuk mengumpulkan data sekunder. Setelah data terkumpul, kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukan adanya beberapa kekurangan dalam penggunaan akun Instagram Mavindo Event Organizer, diantaranya beberapa fitur Instagram sudah digunakan dengan baik, tetapi diantaranya belum digunakan secara maksimal. Beberapa unsur social media marketing yang diterapkan oleh Mavindo Event Organizer telah mengacu kepada SMO (Social Media Optimization) dan beberapa unsur penggunaan Instagram juga telah memenuhi indikator keuntungan dalam penggunaan social media marketing menurut Neti.

Mavindo Event Organizer is a company that focuses on MICE tourism industry, especially event organizer services. This company applies social media marketing as its marketing strategy. The social media used is Instagram. This study aims to determine the extent of using Instagram social media and optimizing Instagram social media accounts as social media marketing at Mavindo Event Organizer. This research used descriptive qualitative approach. The methods of data collection are participatory observation, in-depth interviews, and documentation to collect primary data. Literature study are conducted to collect secondary data. After the data is collected, then it is analyzed using descriptive analysis techniques. The results of this research shows that there are some shortcomings in the use of Mavindo Event Organizer Instagram account, including some Instagram features that have been used well, but some of them have not been used optimally. Some of the elements of social media marketing implemented by Mavindo Event Organizer have referred to SMO (Social Media Optimization) and some elements of Instagram usage have also fulfilled profit indicators in Neti's use of social media marketing.

Kata Kunci : Social media marketing, Mavindo Event Organizer, Instagram, Internet, Social media.

  1. D3-2019-361688-abstract.pdf  
  2. D3-2019-361688-bibliography.pdf  
  3. D3-2019-361688-tableofcontent.pdf  
  4. D3-2019-361688-title.pdf