Laporkan Masalah

EVALUASI INTERNAL TIM GUIDING, DIVISI EDUKASI PADA PROGRAM NIGHT SAFARI DI ZONA SINGA-MACAN, TAMAN SAFARI INDONESIA I, BOGOR JAWA BARAT

NAADAA KAMILIA, Carlos Iban, S.S., M.Sc.

2019 | Tugas Akhir | D3 PARIWISATA

Program night safarimerupakansalah satu program andalan Taman Safari Indonesia I, Bogor. Program night safari memiliki 2 konsep yaitu education and entertainment. Konsep edukasi yang diangkat merupakan wujud dari salah satu fungsi Taman Safari yaitu fungsi pendidikan. Salah satu kegiatan edukasi yang diberikan kepada wisatawan pada program night safariyaitu kegiatan safari adventure atau biasa disebut kegiatan keliling satwa. Kegiatan ini akan dipandu olehguide yang akan memberikan informasi seputar satwa khususnya dalam zona singa-macan.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pemanduanpada program night safaridan pengaruh kemampuan guide dalam memahami materi yang akan disampaikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif.Data primer dikumpulkan melalui metode observasipartisipatoris yaitu mengamati secara langsung program night safari dan melakukan wawancara semi terstruktur dengan guide program night safari, Head of Life Science andConservationDepartment, dan Head of Marketing and Communication. Data sekunder diperoleh dari studi pustaka. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan metode Interactive ModelAnalysis dari Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukan bahwa dibutuhkan evaluasi terhadap timguiding pada program night safari. Evaluasi tersebut dilakukan dengan menggunakan indikator-indikator guiding. Hasil menunjukan adanya pengaruh antara prosedur guiding terhadap cara penyampaian guide dan juga pemahaman serta pengalaman wisatawan tentang konservasi.

The safari night program is one of the main programs of Taman Safari Indonesia I, Bogor. The night safari program has 2 concepts namely education and entertainment. The educational concept designed represents one of the functions of Taman Safari, namely the function of education. One of the educational activities provided to tourists on safari night programs is adventure safari activities or commonly called wildlife tours. This activity will be guided by a guide who will provide information about wildlife in the tiger-lion zone. This study discusses the guiding process at night safari and guides the ability of direction in understanding the material to be delivered. This research use desciptive qualitative approach. Primary data was collected through participatory observation method, which was to observe the night safari program directly and conduct semi-structured interviews with the night safari program guide, Head of Life Science and Conservation Department, and Head of Marketing and Communication. Secondary data obtained from literature. The collected data was then analyzed using the Interactive Model Analysis method from Miles and Huberman. The results of the study show that an evaluation of the guiding team is needed on the night safari program. The evaluation was carried out using guiding indicators. The results show the influence of guiding procedures on how to convey guides and also the understanding and experience of tourists about conservation.

Kata Kunci : Night Safari Program, internal evaluation, guiding, Taman Safari Indonesia I

  1. D3-2019-405788-abstract.pdf  
  2. D3-2019-405788-bibliography.pdf  
  3. D3-2019-405788-tableofcontent.pdf  
  4. D3-2019-405788-title.pdf