Laporkan Masalah

ANALISIS DAN FORMULASI STRATEGI USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH

DIMAS ARDY F, Fitri Trapsilawati, S.T., Ph.D.

2019 | Skripsi | S1 TEKNIK INDUSTRI

Mempertimbangkan bahwa Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memiliki peran penting dalam pembentuk struktur ekonomi bangsa, maka upaya-upaya dalam rangka memastikan kesejahteraan dan meningkatkan tumbuh-kembang UMKM perlu dilakukan. Hadirnya program pasar bebas hasil kerja sama pemerintah indonesia dengan negara luar memberikan pengaruh tersendiri terhadap UMKM. Bagi UMKM yang sudah siap, maka perdagangan bebas ini merupakan peluang bagi UMKM untuk melebarkan jangkauan pasar perusahaannya. Sebaliknya UMKM yang belum siap akan kesulitan menghadapi persaingan masuknya barang dari luar negeri kedalam pasar lokal. Sehingga program perdagangan bebas dapat mengancam keberadaan UMKM jika mereka belum mempersiapkan diri dengan baik. Penelitian ini membahas tentang metode Analisis dan Perumusan Strategi pada UMKM atas dasar sebagai pedoman bagi UMKM dalam merumuskan strategi perusahaan. Penelitian ini diharapkan memberi manfaat bagi UMKM untuk dapat mempersiapkan diri menghadapi ancaman dan peluang atas hadirnya program perdagangan bebas di Indonesia. Perumusan strategi penelitian ini menggunakan gabungan metode antara Framework Balanced Scorecard dengan Framework SWOT yang kemudian dijabarkan kedalam 3 tahapan utama. Tahap pertama adalah analisis lingkungan menggunakan analisis SWOT dan Porter's Five Forces. Tahap selanjutnya perumusan alternatif strategi menggunakan Matrix Grand Strategy, Matrix SWOT dan Tema Strategis. Tahap terakhir adalah pemetaan strategi menggunakan Peta Strategi yang kemudian diturunkan menjadi Sasaran, Indikator, dan Target strategis Perusahaan. Objek pada penelitian ini adalah CV. Mitra Mandiri 91, yaitu merupakan produsen tepung bumbu Qreezpy dan pemasok tepung bumbu industri kuliner. Objek UMKM yang dipilih adalah UMKM yang sudah masuk pada golongan Usaha menengah yang setidaknya sudah memiliki proses bisnis yang jelas dan memiliki potensi untuk mengembangkan usaha ke tahap selanjutnya. Dari penelitian ini didapatkan hasil penelitian berupa hasil analisis lingkungan internal dan analisis lingkungan eksternal, tema strategis, dan proposal sasaran, target, dan indikator dari CV. Mitra Mandiri 91.

Considering that Small and Medium Enterprises (SMEs) have an important role in forming the nation's economic structure, efforts need to be made in order to ensure the existence and growth of SMEs. The implementation of a "free market" program as a result of the collaboration between the Indonesian government and foreign countries has its own influence on SMEs. For those SMEs who are ready, this free trade program is an opportunity to expand the market reach of SMEs. On the other hand, SMEs that are not ready will have difficulty facing product competition from foreign companies that enter local markets. Therefore the presence of free trade programs can threaten the existence of SMEs if they have not prepared themselves well. This study discussed the method of Strategy Analysis and Formulation in SMEs with the intent and purpose as a guide for SMEs to be able to formulate their corporate strategies. This research is expected to be useful for SMEs to be able to prepare themselves to face threats and opportunities from free trade programs. The formulation of this research strategy uses a combination of Balanced Scorecard's framework with SWOT's framework, which is then broken down into 3 stages. The first step is environmental analysis using SWOT analysis and Porter 's Five Forces. The next step is the formulation of alternative strategies using the Grand Strategy Matrix, SWOT Matrix and Strategic Themes. The last stage is mapping the strategy using the strategy map which is then translated into the company's strategic goals, indicators and targets. The object of this research is SME in the Medium Business class who already have clear business processes and have the potential to complement their business to the next stage. The object chosen in this study is CV. Mandiri Mitra 91, a producer of Qreezpy seasoning flour and a supplier of the culinary flour industry. Through this research, results will be obtained in the form of results of internal and external environmental analysis, strategic themes, and proposals for strategic objectives, indicators, and strategic targets of CV. Mitra Mandiri 91.

Kata Kunci : UMKM, Perumusan Strategi, Balanced Scorecard, SWOT.

  1. S1-2019-333714-abstract.pdf  
  2. S1-2019-333714-bibliography.pdf  
  3. S1-2019-333714-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2019-333714-title.pdf