Motivasi dan Preferensi Pengguna Pada Karakteristik Desain Co-Working Space
ULFAIZAH SN, Diananta Pramitasari ST., M.Eng., P.hd
2019 | Tesis | MAGISTER ARSITEKTURPenelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi motivasi pengguna dalam melakukan pekerjaan di co-working space dan preferensi pengguna pada karakteristik desain co-working space yang dilihat berdasarkan tingkat kepentingan, prioritas dan disukai serta untuk mengetahui sejauh mana motivasi pengguna tersebut berhubungan dengan preferensinya. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik survey. Data dikumpulkan dengan penyebaran kuesioner secara daring menggunakan google form. Responden dalam penelitian ini berjumlah 201 orang yaitu mereka yang berdomisili di Yogyakarta dan telah pernah melakukan pekerjaan di salah satu atau beberapa co-working space yang bergabung dengan coffee space di Yogyakarta dalam waktu enam bulan terakhir. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan uji statistik koefisien korelasi pearson serta korelasi eta menggunakan SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam melakukan pekerjaan di co-working space pengguna cenderung menganggap sangat penting gaya arsitektur, desain eksterior, desain interior dan fasilitas ruang multifungsional yaitu ruang percetakan, ruang santai/istirahat, taman luar dan perpustakan selain itu pengguna lebih menyukai gaya arsitektur kontemporer, penataan ruang dan perabot dengan fungsi yang lebih privat, dekorasi dengan dominan tanaman, penggunaan warna monokrom dan seragam, bentuk perabot yang lebih santai (informal), penggunaan area tenang, pencahayaan dan penghawaan alami yang maksimal serta penggunaan lampu berwarna putih. Hal tersebut berhubungan signifikan dengan motitvasi untuk mendapatkan fasilitas dan tempat yang nyaman, menginginkan suasana berbeda, mendukung dan inovatif serta keinginan untuk fokus. Dalam memilih co-working space pengguna cenderung memperioritaskan penataan ruang dan perabot yang sesuai dan profesional, kedua estetika interior dan ketiga tingkat kebisingan ruang (akustik) yang terkait pada privasi dan kenyamanan visual namun hal tersebut tidak berhubungan dengan motivasi pengguna dalam melakukan pekerjaan melainkan adanya faktor karakteristik generasi dan pekerjaan pengguna. Kata kunci: desain co-working space, karakteristik, motivasi dan preferensi
This study aimed to identify the users' motivation to do the work in the co-working space and users' preferences on the co-working space design characteristics which are seen based on the level of importance, priority and preference also to determine the extent to which the users' motivation are related to their preferences. The research method used was quantitative approach with survey technique. The data collected by distributing online questionnaires through google form. Respondents in this research is 201 persons, those domiciled in Yogyakarta and has been doing work on one or several co-working space that join the coffee space in Yogyakarta in the past six months. The data were analyzed by using descriptive statistics and statistical test of pearson' correlation coefficient with eta correlation by using SPSS. The results of this research indicated that in doing work in a co-working space users very importantly tend to consider architectural styles, exterior design, interior design and multifunctional space facilities namely printing rooms, lounge/rest room, outdoor parks and libraries in addition users prefer contemporary architectural styles, spatial planning and furniture with more private functions, decoration with dominant plants, use of monochrome and similar colors, more relaxed forms of furniture (informal), use of quiet areas, maximum lighting and natural airing and use of white lights. This is significantly related to the motivation in order to get the comfortable facilities and places, the desire of different, supportive and innovative atmosphere and the desire to focus. In choosing a co-working space, users tend to prioritize appropriate and professional spatial and furnishings, secondly is the interior aesthetics and thirdly is levels of space noise (acoustics) that are related to visual privacy and comfort but these are not related to users' motivation in doing work but rather characteristics of the generation and the users' profession. Keywords: characteristics, design of co-working space, motivation, and preferences
Kata Kunci : motivasi, preferensi, karakteristik dan desain co-working space