Laporkan Masalah

INOVASI KREATIF ORGANISASI JASA MEDIA IKLAN LUAR RUANG: STUDI KASUS PROSES INOVASI KREATIF MOBILE BILLBOARD PITPAGANDA

CHRISTIAN GILANG H, Dr. Widodo Agus Setianto, M.Si.

2019 | Skripsi | S1 ILMU KOMUNIKASI

Pesatnya perkembangan teknologi di Yogyakarta membuat penyedia layanan media iklan luar ruang khususnya di ranah media cetak semakin menjamur. Kebutuhan akan periklanan luar ruang khususnya pada billboard (baliho) yang besar, serta diikuti dengan aturan tata kota yang tidak dilaksanakan sebagaimana mestinya, membuat permasalahan luar ruang di kota Yogyakarta menjadi tidak terelakkan lagi. Karut-marut kondisi media iklan luar ruang yang cenderung merusak visual kota menjadi salah satu masalah besar yang sudah terlalu lama tidak ditemukan solusinya. Untuk menjawab permasalahan tersebut, diinisiasi oleh HUB For Cyclist, dan dengan dukungan dana awal dari Dagadu Djokdja, Pitpaganda muncul sebagai upaya memberikan solusi alternatif dalam bentuk media iklan luar ruang berjenis mobile billboard. Tentu, menghasilkan suatu inovasi kreatif yang solutif bukanlah perkara yang mudah. Ada berbagai macam hal yang diperhatikan oleh Pitpaganda guna memberikan suatu inovasi kreatif, mulai dari inovasi itu sendiri hingga latar belakang yang selalu mengikuti setiap perjalanan mereka. Menjadi sebuah proses penemuan solusi dari permasalahan, adanya inovasi mulai dari ranah produk, proses, posisi, hingga paradigma menjadi inovasi yang sebenarnya selalu dilakukan �tanpa sadar� oleh Pitpaganda. Tidak adanya dokumen lengkap terkait proses inovasi kreatif yang terjadi di dalam Pitpaganda menjadi satu celah tersendiri bagi penelitian ini untuk bisa hadir dan menjawab tantangan tersebut. Oleh sebab itu, penelitian ini hadir sebagai upaya memberikan satu dokumentasi utuh atas proses inovasi kreatif yang terjadi di dalam Pitpaganda. Dalam penelitian ini, �proses� menjadi satu bahasan komprehensif mulai dari alur inovasi, ragam inovasi, serta latar belakang yang mendasari inovasi tersebut. Agar dapat menangkap fenomena yang ada, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus supaya data bisa digali dan dianalisa secara lebih dalam. Hasil dari adanya penelitian ini memperlihatkan bahwa Pitpaganda melakukan (memunculkan dan mengembangkan) inovasi dalam setiap ranah yang ada, meski tidak ada acuan alur baku dalam melakukan inovasi ini. Selain itu, latar belakang kondisi baik dari internal maupun eksternal menjadi satu hal yang memberikan pengaruh cukup besar dalam upaya muncul dan berkembangnya Pitpaganda.

The rapid development of technology in Yogyakarta has made providers of outdoor advertising media especially in the print media increase rapidly. The great need for outdoor advertising, especially on large billboards, and followed by urban planning rules that were not implemented properly, made outdoor problems in the city of Yogyakarta are inevitable. The messy condition of outdoor advertising that tends to damage city landscape has become one of the big problems that has not been resolved for too long. To answer these problems, initiated by HUB For Cyclist, and with initial funding support from Dagadu Djokdja, Pitpaganda emerged as an effort to provide alternative solutions with forming a mobile billboard type of outdoor advertising media. Of course, producing a solutive creative innovation is not an easy matter. There are various kinds of things that are considered by Pitpaganda to provide a creative innovation, from innovation itself to the background that always follows each of their journey. Being a process of finding solutions to problems, the existence of innovations ranging from the product, process, position, to the paradigm are the process that done 'unconsciously' by Pitpaganda. The lack of complete documents related to the process of Pitpaganda�s creative innovation became a challenge for this research. Therefore, this research is present as an effort to provide a complete documentation of the process of creative innovation that occurs within Pitpaganda. In this study, the "process" became a comprehensive discussion starting from the flow of innovation, the variety of innovations, and the background underlying the innovation. In order to capture the phenomenon, this study uses a qualitative approach with a case study method so the data can be explored and analyzed more deeply. The results of this study show that Pitpaganda did (generate and develop) innovations in each existing domain, even though there was no standard flow reference in making of this innovation. In addition, the background of both internal and external conditions is one thing that has a considerable influence in the efforts to bring out and developing Pitpaganda

Kata Kunci : inovasi kreatif,organisasi jasa media iklan,media iklan luar ruang,mobile billboard,Pitpaganda / creative innovation, advertising media service organizations, outdoor advertising media, mobile billboards, Pitpaganda

  1. S1-2019-349588-abstract.pdf  
  2. S1-2019-349588-bibliography.pdf  
  3. S1-2019-349588-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2019-349588-title.pdf