Laporan Studi Kelayakan untuk Pengadaan Portal Online yang Mendorong User-Generated Content di KRJogja.com
Hutri Chika Agustina Berutu, Gilang Desti Parahita, SIP, MA
2019 | Skripsi | S1 ILMU KOMUNIKASIEra digital telah memungkinkan khalayak media untuk tidak hanya bertindak sebagai konsumen, tetapi juga produsen informasi. Keterbukaan yang ditawarkan era ini meningkatkan produksi User-Generated Content (UGC) di kalangan industri media. Pada skripsi ini, penulis membuat studi kelayakan untuk merekomendasikan portal online yang dapat mendorong produksi UGC di KRJogja.com. Studi kelayakan digunakan untuk menilai apakah sebuah produk layak atau tidak dipasarkan untuk khalayak. Data dalam skripsi ini diperoleh melalui data primer dan data sekunder. Data primer meliputi kuesioner dan observasi. Data sekunder meliputi wawancara dan studi literatur. Dalam studi ini, penulis merekomendasikan beberapa rubrik yang dapat mendorong peningkatan produksi UGC, yaitu Forum, AAJ yang berisi berita langsung dan opini, dan Agenda Komunitas. Penulis juga merekomendasikan KRJogja.com untuk menggunakan media sosial dengan lebih intensif demi peningkatan traffic, awareness, dan engagement. Keberhasilan rekomendasi tersebut belum dapat ditentukan. Hal ini dikarenakan portal online ini belum dipublikasikan.
Digital era has made it is possible to the public media to play the role as publishers, not only as consumers. The openness offered in this era improves the production of User-Generated Content (UGC) in the media industry. In this study, the author makes a feasibility study to recommend a new online platform that will improve the production of UGC in KRJogja.com. Feasibility study is used to assess whether a product can be applied or not in the community. Data used in this study is divided into two sources, primary data and secondary data. Primary data is obtained through questionnaires and observations. Secondary data is obtained through interviews and desk studies. The author of this study recommends three site sections that will improve the production of UGC in KRJogja.com, namely Forum, AAJ that contains hardnews and opinions, and Community Agenda. The author also recommends KRJogja.com to use social media more intensively to drive traffic, awareness, and engagement. The success of these recommendations has not been able to be determined. It is because this online portal has not been launched.
Kata Kunci : User-generated content, KRJogja.com, Forum, Opini, Era digital